Cara Membuat Skema rangkaian Pagar Pengusir Maling

By | December 13, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Pagar Pengusir Maling – Skema rangkaian Pagar Pengusir Maling yaitu skema rangkaian elektronika yg bisa diterapkan sbg alat penjaga keamanan rumah/kantor dari penjarahan maling/pencuri. Kita yakin atau tdk, cuma dngn memakai suatu transistor dengan tipe jenis GE-3 & suatu trafo 6, 3 Volt Kita bisa bikin suatu alat yg bisa mengusir tamu tidak diundang atau maling di malam hari.

Pada prinsipnya Skema rangkaian Pagar Pengusir Maling tersebut bekerja apabila maling itu memegang pagar tralis rumah/kantor Kita. Ia bakal terperanjat atau shock hingga ia bakal lari terbirit-birit. Alat itu bisa Kita buat sendiri seperti di gambar skema rangkaian di bawah ini.

Gambar Skema rangkaian Pagar Pengusir Maling

Daftar komponen :

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran Potensiometer 15K

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran Resistor/hambatan dengan ukuran 160 Ohm

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran Kapasitor/kondensator elektrolit 50uF/10 W

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran Kapasitor/kondensator elektrolit 2000uF/15 W

Q1 memiliki tipe atau berukuran Transistor dengan tipe GE-3

M1 memiliki tipe atau berukuran Baterai 6 VDC

M2, M3 memiliki tipe atau berukuran Testjack

S1 memiliki tipe atau berukuran Saklar SPST

T1 memiliki tipe atau berukuran Transformer filamen 6, 3 VAC

X1 memiliki tipe atau berukuran Dioda 1N540

Sbg output Skema rangkaian Pagar Pengusir Maling yaitu gulungan sekunder dari trafo T1 & ujung yg satu dikaitkan dngn bumi (ground) & ujung yg satunya lagi bisa dikaitkan ke tralis pagar Kita atau pagar kawat atau pun ke sisi lain dari rumah/kantor Kita, umpamanya pegangan pintu. Untuk memperoleh satu surprise yg tinggi Kita bisa mengatur potensiometer Resistor 1. Pemasangan alat tersebut mesti sesuai dngn kondisi karena sekalipun arusnya kecil, namun beresiko untuk anak kecil yg bermain di seputar tempat itu. System pengamanan tersebut bakal berperan bagus apabila tanah pada seputar pagar itu basah. Dlm penggunaannya kelak agar sesekali di check apakah baterainya telah lemah atau belum.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih