Cara Membuat Skema rangkaian Parametric Equalizer

By | July 16, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Parametric Equalizer – Skema rangkaian parametric equalizer pada gambar di bawah adalah satu diantara type parametric equalizer dngn 2 range tone control bass & treble. Parametric equalizer equalizer pada gambar di bawah bisa dipakai untuk mengatur & menentukan tingkat suara bass & suara treble sesuai dngn anda. Untuk membuat skema rangkaian parametric equalizer bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen seperti pada gambar di bawah.

Gambar Skema rangkaian Parametric Equalizer

Skema rangkaian parametric equalizer yang ditunjukan pada gambar di atas di buat dngn penguat operasional (Op-amp) IC TL074 & bisa dipakai untuk mengontrol range suara bass & treble. Ada 2 sisi utama dari skema rangkaian parametric equalizeryang ditunjukan pada gambar di atas sbg berikut.

Sisi pengatur suara bass

Sisi tersebut terbagi dalam pengontrol frekuensi cut off dari range frekuensi 40 Hz sampai 1200 Hz, sisi pengontrol lebar band width range frekuensi suara bass & pengatur tingkat penguatan range frekuensi suara bass.

Sisi pengatur suara treble

Sisi pengontrol suara treble pada dasarnya sama dngn skema rangkaian pengontrol suara bass, cuma tidak sama pada range frekuensi yg diatur. Di sisi pengontrol suara treble tersebut range frekuensi yg bisa diambil yaitu dari renge frekuensi 1200 Hz sampai 15000Hz.

Dngn parametric equalizer seperti yang ditunjukan pada gambar di atas anda bisa mengatur maupun seting titik frekuensi bass & treble, lebar bandwidht frekuensi & penguatan frekuensi sesuai keinginan anda sampai cocok pada telinga anda.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih