Cara Membuat Skema rangkaian Pemancar FM 2 Transistor

By | March 1, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pemancar FM 2 Transistor – Skema rangkaian pemancar FM pada gambar dibawah ini di buat menggunakan 2 buah transistor dengan tipe BC458. Skema rangkaian pemancar FM tersebut bekerja pada range frekuensi FM broadcast 88MHz – 108 MHz. Skema rangkaian pemancar FM 2 transistor dengan tipe tersebut mempunyai jarak pancar sampai jarak 20 – 30 meter.

Untuk mengoperasikan skema rangkaian pemancar FM 2 transistor tersebut dibutuhkan sumber tegangan/voltage DC +9 volt yg bisa diberikan lewat sumber daya ataupun baterai. Skema rangkaian pemancar FM 2 transistor tersebut cukup sederhana & bisa gampang untuk dirakit. Untuk merakit skema rangkaian pemancar FM 2 transistor tersebut bisa disimak gambar skema rangkaian dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Pemancar FM 2 Transistor

Pada skema rangkaian pemancar FM 2 transistor di atas memakai suatu lilitan yg mesti di buat sendiri memakai koker 5 mm denganinti ferit & kawat e mail 0, 5 mm yg dililit sejumlah 7 lilitan pada koker itu. Manfaat lilitan L1 pada skema rangkaian pemancar FM 2 transistor tersebut yaitu untuk memastikan frekuensi kerja skema rangkaian pemancar, untuk menentukan frekuensi kerja bisa dikerjakan dngn memutar ferit pada lilitan L1 itu pada range frekuensi yg di inginkan. Skema rangkaian pemancar FM 2 transistor yang ditunjukan pada gambar di atas memakai input/masukan berbentuk microphone elektret.

Aplikasi dari skema rangkaian pemacar FM 2 transistor tersebut bisa dipakai sbg wireless microphone FM maupun sbg pengirim sinyal ke penerima radio FM. Meskipun skema rangkaian pemancar FM tersebut cuma dapat pancarkan maksimum 30 meter, tetapi untuk mengaktifkan skema rangkaian pemancar FM 2 transistor tersebut butuh di perhatikan frekuensi kerja yg dipakai supaya tdk mengganggu penerimaan pemancar FM broadcast yg lain, hingga butuh ditetapkan dulu frekuensi yg kosong baru seting frekuensi kerja dari skema rangkaian transmitter FM 2 transistor tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih