Cara Membuat Skema rangkaian Pemancar FM 2SC1971 dan VCO

By | June 9, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pemancar FM 2SC1971 dan VCO – Skema rangkaian pemancar FM pada gambar di bawah adalah pemnacar FM yg dilengkapi dngn VCO & power transmitter dngn transistor dengan tipe 2SC1971. Skema rangkaian pemancar FM 2SC1971 + VCO pada gambar dibawah ini sudah dilengkapi dngn skema rangkaian sumber daya transistor & siap dirakit dlm PCB. Skema rangkaian pemancar FM tersebut memakai tehnologi VCO (Voltage Control Oscilator) untuk memastikan frekuensi kerja skema rangkaian pemancar FM itu. Frekuensi kerja pemancar FM 2SC1971 + VCO tersebut bisa di set pada range frekuensi 88 MHz hingga 108 MHz.

Skema rangkaian utama VCO pada pemancar FM tersebut yaitu dioda varaktor. Skema rangkaian pemancar FM tersebut bisa langsung di beri input/masukan sinyal suara dari output/keluaran pengatur suara maupun dari output/keluaran penguat depan suara (pre amp). Skema rangkaian pemancar FM tersebut memakai power transmitter berbentuk transistor dengan tipe 2SC1971 & mempunyai daya pancar 10 Watt. Skema rangkaian lengkap & daftar komponen dari pemancar FM 2SC1971 + VCO tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO

Skema rangkaian pemnacar FM 2SC1971 + VCO tersebut dapat di jabarkan dlm bagian-bagian sbg berikut.

Skema rangkaian VCO untuk pemancar FM di atas adala konfigurasi skema rangkaian pembagi tegangan/voltage R470 ‚Ą¶ & VR 5 KOhm & dioda varaktor. Skema rangkaian VCO tersebut mengatur nilai kapasitansi dioda varaktor sebagai skema rangkaian tank circuit pada skema rangkaian oscilator pemncar.

Skema rangkaian oscilator & skema rangkaian mixer jadi satu & menggunakan penguat transistor dengan tipe 2SC829. Frekuensi kerja oscilator ditetapkan oleh kapasitansi dioda varaktor pada skema rangkaian VCO. Hingga frekuensi kerja skema rangkaian bisa diatur memakai VR 5 Kohm di bagian VCO. Di bagian tersebut sekalian berperan sbg mixer antar sinyal suara & frekuensi pembawa (carrier) dari oscilator.

Skema rangkaian penguat awal tersebut memakai transistor dengan tipe 2SC829 & berperan untuk menguatkan sinyal sbg input/masukan untuk skema rangkaian driver sampai dngn skema rangkaian power transmiter. Skema rangkaian driver pemancar FM tersebut dibangun secara bertingkat secara berturut-turut dari transistor dengan tipe 2SC2053 lalu transistor dengan tipe 2SC1970.

Skema rangkaian power transmitter maupun sering dimaksud skema rangkaian final pemancar FM tersebut memakai transistor dengan tipe power 2SC1971 & dapat memberikan daya pancar FM sebesar 10 Watt. Di bagian driver & final transmiter Frekuensi modulasi (fm) dilengkapi dngn trimer yg berperan untuk mengatur ketepatan impedansi (matching) antar setiap bagian hingga didapat penyerapan daya optimal pada setiap bagian untuk dipancarkan ke antena. Pengaturan trimer tersebut harus dikerjakan untuk menghindari terjadinya kebocoran pancaran.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih