Cara Membuat Skema rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter)

By | March 26, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter) – Skema rangkaian pemancar FM sederhana maupun mini FM transmitter tersebut bisa beroperasi dngn sumber tegangan/voltage +3 volt dari 2 buah baterai AA. Jarak pancaran seputar 50 meter cukup bagus untuk pemancar kecil dngn sumber tegangan/voltage +3 volt dari baterai.

Skema rangkaian pemancar FM sederhana tersebut di bangun dngn 2 buah transistor yg masing-masing berperan sbg penguat microphone & sbg pemancar maupun transmitter FM. Skema rangkaian pemancar FM mini tersebut di beri input/masukan dari suatu microphone kondenser maupun microphone electret. Skema rangkaian pemancar FM sederhana tersebut bisa disimak beserta daftar komponen untuk membuat pemancar FM itu pada gambar di bawah.

Skema rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter)

NB : L1 yaitu lilitan kawat e mail pada koker 1/4 inchi tanpa inti sejumlah 6-8 lilit dngn kawat e mail 0, 4 mm Skema rangkaian pemancar FM sederhana tersebut terbagi dalam 2 bagian utama yakni :

Bagian pre-amplifier microphone, bagian tersebut berperan sbg penguat sinyal dari kondenser mic supaya bisa digabung dngn frekuensi oscilator FM. Skema rangkaian pre-amp mic tersebut di bangun dngn transistor dengan tipe Q1 2N3904 berbentuk penguat tegangan/voltage 1 tingkat.

Bagian transmitter FM, bagian tersebut berperan sbg pembangkit frekuensi carier FM sekalian memancarkannya melaui antena. Skema rangkaian tersebut di bangun dngn oscilator 1 transistor dengan tipe Q2 2N3904 dngn frekuensi yg bisa diatur lewat Capasitor 4.

Untuk memperoleh daya yg lebih dapat mengganti transistor dengan tipe Q2 2N3904 dngn 2N5088 tanpa merubah nilai & wujud skema rangkaian yg ada. Frekuensi kerja skema rangkaian pemancar FM sederhana tersebut ada pada band frekuensi radio 87 MHz sampai 108 MHz, untuk keadaan aman baiknya diset di range bawah dari penerima radio FM.

Seting frekuensi kerja untuk skema rangkaian pemancar FM sederhana tersebut dikerjakan dngn mengatur tuas kapasitor/kondensator variabel (trimer kapasitor/kondensator) Capasitor 4 sampai di terima dngn bagus pada range frekuensi FM itu. Skema rangkaian pemancar FM sederhana tersebut bisa diaplikasikan sbg microphone wireless dngn penerima berbentuk radio penerima FM.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih