Cara Membuat Skema rangkaian Pemantau Pintu Nirkabel

By | December 14, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Pemantau Pintu Nirkabel – Pintu adalah satu diantara sisi dari suatu rumah maupun bangunan yg berperan sbg tempat keluar-masuk yang tinggal didalam rumah ataupun tamu. Begitu utamanya pintu hingga pintu membutuhkan pemantauan sendiri agar keamanan rumah dapat terus terjaga. Maklum, tidak seseorang juga yg ingin tempat tinggalnya disatroni tamu tidak diundang. Termasuk pula Kita salah satunya.

Saat ini system keamanan telah memasyarakat, rumah juga banyak yg memakai security sistem untuk melindungi keamanannya. Saat ini tiba waktunya anda merakit sendiri suatu system pengaman rumah yg kami beri nama Skema rangkaian Pemantau Pintu Nirkabel. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda tengok & tekuni gambar skema rangkaian pada gambar dibawah ini

Gambar Skema rangkaian Pemantau Pintu Nirkabel Transmitter

Gambar Skema rangkaian Pemantau Pintu Nirkabel Receiver

Skema rangkaian monitor tersebut memakai cahaya inframerah untuk memonitor pintu & lorong-lorong maupun daerah lain. Saat balok rusak relay yg tersandung bisa dipakai untuk membunyikan bel maupun alarm. Pas untuk mendeteksi pelanggan masuk toko, mobil datang lewat jalan masuk, & lain-lain. Cahaya IR benar-benar kuat. Jarak lebih dari 25 kaki dapat diawasi. Suatu pasokan 12V DC dibutuhkan untuk daya skema rangkaian.

Skema rangkaian pemantau pintu nirkabel terbagi dalam pemancar & penerima. Sisi pemancar terbagi dalam dua gelombang persegi osilator, satu jalan di approx. 250Hz & yg lain jalan di 38kHz. Frekuensi 38kHz melakukan tindakan sbg gelombang pembawa & dibutuhkan oleh modul penerima IR pada receiver (penerima). Gelombang pembawa “anded” maupun dimodulasi oleh frekuensi 250Hz untuk membuahkan sinyal output yg diisi semburan 38kHz di tingkat 250Hz. Sinyal tersebut dipakai untuk menggerakkan LED inframerah. Osilator di buat dngn memakai dua IC timer 555 diputuskan sbg multivibrator “astabil” (bebas jalan). IC1 dipakai untuk osilator 250Hz.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih