Cara Membuat Skema rangkaian Pembangkit Gelombang Sinus (Sinewave Oscilator)

By | February 18, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pembangkit Gelombang Sinus (Sinewave Oscilator) – Skema rangkaian pembangkit gelombang sinus maupun kerap dimaksud sbg sinewave Oscilator adalah skema rangkaian elektronik yg berperan untuk membangkitkan sinyal dngn bentuk gelombang sinus di frekuensi khusus. Skema rangkaian oscilator gelombang sinus pada gambar di bawah adalah oscilator jenis wien bridge yg di bangun dngn 2 buah transistor dengan tipe NPN.

Skema rangkaian pembangkit gelombang sinus pada gambar di bawah adalah pembangkit gelombang sinus dngn range frekuensi audio. Skema rangkaian pembangkit gelombang sinus tersebut dipergunakan untuk lakukan test skema rangkaian penguat audio maupun dlm percobaan modulasi sinyal audio. Untuk membuat “rangkaian pembangkit gelombang sinus” itu bisa disimak skema rangkaian sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Pembangkit Gelombang Sinus (Sinewave Oscilator)

Daftar Komponen Skema rangkaian Pembangkit Gelombang Sinus (Sinewave Oscilator)

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 5K6

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 3, Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 15K

Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 500R

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 330R

Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran 470R

LP1 memiliki tipe atau berukuran 12V 40mA

Capasitor 1, Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran 10nF

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 100µF 25V

Capasitor 4 memiliki tipe atau berukuran 470nF 63V

Q1, Q2 memiliki tipe atau berukuran BC238

SW1 memiliki tipe atau berukuran SPST

B1 memiliki tipe atau berukuran 9V

Dngn konfigurasi nilai Capasitor 1 & Capasitor 2 10 nF seperti di daftar komponen yang ditunjukan pada gambar di atas maka skema rangkaian pembangkit gelombang sinus pada gambar diatas bakal menghasilkan sinyal gelombang sinus dngn frekuensi kerja 1 KHz. Lalu untuk nilai Capasitor 1 & Capasitor 2 ditukar dngn nilai 100 nF maka frekuensi oputput skema rangkaian jadi 100 Hz sedang untuk nilai Capasitor 1 & Capasitor 2 1nF maka frekuensi output skema rangkaian pembangkit gelombang jadi 10 KHz.

Untuk mengatur level tegangan/voltage output skema rangkaian pembangkit gelombang sinus tersebut bisa dilakukan dngn mengatur posisi tuas variabel Resistor 7. Untuk memperoleh hasil yg optimal di pembuatan skema rangkaian pembangkit gelombang sinus dibutuhkan transistor Q1 & Q2 mesti memakai transistor dngn aspek penguatan yg tinggi. Lampu yg dipakai baiknya lampu DC dngn daya rendah, supaya tampak proses redup terang lampu yg ikuti frekuensi sinyal output skema rangkaian sinewave oscilator tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih