Cara Membuat Skema rangkaian Pembatas Arus Charger Baterai

By | January 13, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pembatas Arus Charger Baterai – Skema rangkaian pembatas arus charger baterai tersebut berperan untuk membatasi arus maksimum pengisian baterai NICD ataupun NIMH. Di skema rangkaian pembatas arus charger baterai tersebut ada 2 pilihan batas maksimum pengisian baterai yakni 15mA & 27 mA yg bisa diambil dngn mengatur posisi saklar. Skema rangkaian pembatas arus charger baterai tersebut di buat memakai IC regulator tegangan/voltage positif variabel IC LM317.

Skema rangkaian pembatas arus charger pada gambar di bawah adalah skema rangkaian pembatas arus charger baterai untuk 2 buah maupun 2 cell baterai NIMH maupun NICD. Rencana pembatas arus maksimum yg dipakai dlm skema rangkaian tersebut yaitu memakai resistor. Skema rangkaian pembatas arus charger pada gambar di bawah cukup sederhana & gampang untuk di buat, untuk merakit skema rangkaian pembatas arus charger tersebut bisa disimak di gambar berikut.

Gambar Skema rangkaian Pembatas Arus Charger Baterai

Skema rangkaian pembatas arus charger baterai di skema rangkaian yang ditunjukan pada gambar di atas adalah pembatas arus untuk charger baterai NICD maupun NIMH portable & bisa dipakai untuk charger kecil yg lain. Pada dasarnya arus maksimum pengisian baterai memakai IC LM317 maksimum yaitu 1A. Hingga tetap bisa dinaikan batas arus charger baterai memakai skema rangkaian tersebut sampai 1 A dngn langkah merubah nilai resistor yg dipakai. Di mana semakin kecil nilai resistor yg dipakai maka makin besar nilai batas arus yg dilewatkan. IC LM317 butuh dilengkapi dngn pendingin (heatsink) lantaran bakal keluarkan panas di waktu skema rangkaian pembatas arus charger baterai dioperasikan.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih