Cara Membuat Skema rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter)

By | January 25, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) – Konsep dasar yg dipakai dlm Skema rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) tersebut yaitu Dioda 1 & Dioda 2 yg di gunakan di suatu komparator tegangan/voltage yang berasal dari Op-Amp. Aplikasi skema rangkaian Skema rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) dngn komparator tersebut kerap diterpakan di alat ukur sinyal analog berbasis digital seperti frekuensi meter maupun frekuensi counter.

Untuk Aplikasi TTL Dioda 1 & Dioda 2 di skema rangkaian “Rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) ” tersebut bisa memakai diode zener 5Volt agar sesuai dngn keperluan system TTL. Skema rangkaian “Rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) ” tersebut pun bisa dipakai untuk aplikasi mikrokontroler sbg skema rangkaian zero crrosing detector untuk driver SCR maupun TRIAC.

Skema rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter)

Di Skema rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) yang ditunjukan pada gambar di atas besarnya level output (Vo) dibatasi (limitter) oleh nilai diode zener yg terpasang, di mana nilai tegangan/voltage diode zener yaitu Vz & tegangan/voltage drop diode zener yaitu Vd maka berlaku rumusan dibawah ini.

Di saat Vo turun ke level negatif maka Dioda 1 jadi forward bias & Dioda 2 jadi breakdown, maka berlaku persamaan dibawah ini.

Vo = Vz+Vd1

Di saat Vo naik ke level positif hingga Dioda 2 forward bias & Dioda 1 jadi breakdown, maka berlaku persamaan dibawah ini.

Vo = Vz+Vd2

Hingga output skema rangkaian secara total (Vo) yaitu + (Vz + 0, 7) & + (Vz + 0, 7)

Semoga artikel perihal “Rangkaian Pembatas Tegangan/voltage (Voltage Limitter) ” yg sedikit tersebut bisa jadi ide & berguna untuk pengunjung. Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih