Cara Membuat Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V

By | December 17, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V – Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V adalah skema rangkaian elektronik sederhana yg berperan untuk mengatur kecepatan putaran kipas angin dngn sumber tegangan/voltage AC220 volt. Skema rangkaian pengatur kecepatan kipas angin tersebut di bangun memakai TRIAC & DIAC sbg komponen intinya, & suatu potensiometer sbg pengendali kecepatan putaran motor kipas angin itu. Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V tersebut bekerja seperti dimmer lampu AC, di mana supply tegangan/voltage ke motor kipas angin dikontrol memakai TRIAC lewat potensiometer. Skema rangkaian pengontrol kecepatan kipas angin tersebut benar-benar sederhana & memakai komponen yg gampang didapat dipasaran hingga bisa di buat maupun dirakit dngn gampang. Untuk membuat maupun merakit “Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V” tersebut bisa di lihat gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V

Daftar Komponen Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V

T1 memiliki tipe atau berukuran Z0607

Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran C312

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 500KΩ

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 37KΩ

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 100NF

Skema rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V pada gambar di atas bekerja dengan cara anlog dngn langkah mengatur supply tegangan/voltage motor kipas angin AC220V memakai TRIAC berdasarkan tegangan/voltage bias yg diberikan ke TRIAC itu lewat DIAC yg dikendalikan oleh potensiometer Resistor 1. Di mana makin besar bias gate TRIAC yg diberikan maka makin besar juga level tegangan/voltage yg diberikan ke motor kipas angin, & makin kecil tegangan/voltage bias gate maka makin rendah pula tegangan/voltage supply ke motor kipas angin.

Makin besar tegangan/voltage supply ke motor kipas angin yg diberikan maka makin cepat juga kecepatan putaran motor kipas angin & sebaliknya bakal makin lambat putaran kipas angin jika supply tegangan/voltage ke motor kipas angin di turunkan. Butuh di ketahui bahwasanya “Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V” tersebut bekerja di tegangan/voltage listrik AC220 volt, hingga janganlah menyentuh jalur kelistrikan skema rangkaian di waktu skema rangkaian tersebut terhubung ke jaringan listrik AC220V itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih