Cara Membuat Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dengan Komputer

By | December 18, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dengan Komputer – Skema rangkaian pengendali motor stepper tersebut berperan sbg interface pada pc dngn motor stepper. Port pc yg dipakai untuk mengatur skema rangkaian pengendali motor stepper tersebut yaitu port serial pc. Skema rangkaian pengendali motor stepper dngn pc tersebut di bangun memakai driver motor stepper IC UCn5804 & IC 555 sbg pembangkit pulsa kendali motor stepper.

Dngn memakai skema rangkaian pengendali motor stepper ini anda bisa mengatur motor stepper dngn lebih bagus. Skema rangkaian pengendali motor stepper tersebut bisa mengatur kecepatan motor stepper & bisa mengatur arah putar motor stepper itu. Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Pc tersebut bisa dirakit sendiri dngn lihat skema rangkaian & komponen yg dipakai sebagi dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dengan Komputer

Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Pc pada gambar di atas dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC +9 volt sampai +24 volt sesuai dngn motor stepper yg dikendalikan. Skema rangkaian pengendali motor stepper dngn kompouter tersebut terbagi dalam bagian-bagian sbg dibawah ini.

Driver Motor Stepper UCN5804 Driver motor stepper

IC UCN5804 adalah IC yg didesain spesial sbg driver motor stepper 2 arah. IC driver UCN5804 tersebut bisa dikendalikan dngn logika TTL di inputnya. Di Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Pc tersebut driver motor stepper dilengkapi dngn indikator & jalur test gerakan motor stepper.

Pembangkit Pulsa Kendali Motor Stepper

Sisi pembangkit pulsa tersebut di bangun memakai iC timer NE555 yg di buat dlm 2 jenis dngn manfaat yg tidak sama. IC U2 berperan untuk berikan pulsa kendali untuk putaran motor stepper secara kontinyu dngn kecepatan yg bisa diatur. IC U3 berperan untuk berikan pulsa kendali motor stepper dngn gerakan perstep maupun perlangkah. Untuk bikin maupun merakit Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Pc tersebut bisa memakai design layout PCB yg sudah tesedia dibawah ini.

Tata Letak Komponen Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Komputer

PCB Layout Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Komputer

Di Skema rangkaian Pengendali Motor Stepper Dngn Pc di atas sudah dilengkapi dngn saklar DIP yg berperan untuk test manfaat skema rangkaian kendali motor stepper tiada pc.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih