Cara Membuat Skema rangkaian Penghapus Kaca Mobil Elektronik

By | December 8, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Penghapus Kaca Mobil Elektronik – Kebersihan itu sebagian dari iman. Situasi bersih dapat jadi indikasi bahwasanya barang atau benda itu dirawat dngn bagus. Begitupun dngn kendaraan, dlm hal tersebut mobil, butuh dengan cara teratur dibikin bersih, terlebih sisi kaca depan & belakang. Kaca depan mobil yg tdk dibersihkan dapat bikin mobil terlihat kusam & tdk terawat. Lebih dari itu, kaca mobil yg tdk bersih dapat membahayakan pengendara lantaran jarak pandang mata dapat kabur terhambat debu atau kotoran yg melekat pada sisi kaca depan mobil, terlebih di saat musim hujan.

Nah, untuk menangani persoalan tersebut kita dapat mengakalinya dngn Skema/rangkaian Penghapus Kaca Mobil Elektronik. Sesungguhnya skema/rangkaian tersebut memanglah dirancang atau di buat untuk keperluan-keperluan autocar. Namun demikian bukan hanya bermakna skema/rangkaian tersebut hanya spesial untuk diaplikasikan dlm mobil saja. Disamping itu bisa juga digunakan untuk keperluan-keperluan yg yang lain bila memanglah dikira butuh. Dari bentuknya, skema/rangkaian tersebut cukup simpel (sederhana) & gampang untuk dirakit sendiri.

Gambar Skema/rangkaian Penghapus Kaca Mobil Elektronik

Daftar komponen :

Resistor 1, Resistor 5 Memiliki tipe atau berukuran 6K8

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran 100K

Resistor 3 Memiliki tipe atau berukuran 2M (potensiometer)

Resistor 4, Resistor 6 Memiliki tipe atau berukuran 220K

Resistor 7 Memiliki tipe atau berukuran 4K7

Resistor 8 Memiliki tipe atau berukuran 470 Ohm

Capasitor 1 Memiliki tipe atau berukuran 10uF

Capasitor 2 Memiliki tipe atau berukuran 16uF

Capasitor 3 Memiliki tipe atau berukuran 4, 7uF

T1- T4 Memiliki tipe atau berukuran BC108

T5 Memiliki tipe atau berukuran BC108 atau 2N3055

D1, D2 Memiliki tipe atau berukuran dioda jenis DUS

M Memiliki tipe atau berukuran motor (dinamo)

Sumber daya yg dibutuhkan untuk Skema/rangkaian Penghapus Kaca Mobil Elektronik tersebut yaitu 12 Volt DC yg bisa kita aktifkan dngn memakai akumulator (accu). & seperti yg sudah diterangkan di awal bahwasanya disamping skema/rangkaian tersebut dirancang untuk kepentingan mobil, juga bisa digunakan untuk sarana-sarana yg yang lain. Namun bila hal tersebut dikerjakan maka sumber daya bisa di ambil dari arus listrik PLN. Sudah pasti lebih dahulu mesti di beri adaptor.