Cara Membuat Skema rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM

By | December 18, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM – Skema rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM tersebut berperan untuk mengatur kecepatan putaran kipas angin memakai cara PWM (Pulse Width Modulation). Croses pengendalian kecepatan kipas angin DC dengan cara PWM dikerjakan oleh IC MIC502 lewat potensiometer VR1. IC MIC502 adalah chip IC buatan MICREL yg didesain spesial sebgai pengontrol kecepata motor DC secara PWM.

Skema rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM tersebut cukup sederhana, yakni di bangun memakai komponen utama IC MIC502 & bebrapa komponen penambahan saja. Untuk bikin “Rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM” bisa dilihat skema rangkaian & komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM

Skema rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM pada gambar di atas bekerja di range frekuensi 30Hz. Ton duticycle frekuensi pulsa PWM yg dihasilkan bisa dikendalikan memakai potensiometer VR1 di “Rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM”. Dngn mengatur posisi tuas potensiomer maka IC MIC502 bakal berikan output pulsa PWM lalu pulsa PWM itu berfunsi sbg bias baras T1. Oada T1 dipasang suatu dioda clamper yg berperan membuat perlindungan transisto r T1 dari effek induksi di beban.

Untuk mengoperasikan “Rangkaian Pengontrol Kipas Angin PWM” dibutuhkan sumber tegangan/voltage DC +12 volt. Untuk menambah kekuatan daya listrik yg dipakai di supply sumber motor DC kipas angin itu bisa dikerjakan dngn ganti transistor Q1 TIP122 dngn transistor dengan tipe yg memilki kekuatan lebih tinggi.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih