Cara Membuat Skema rangkaian Penguat Sinyal Televisi (TV Boster)

By | April 8, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Penguat Sinyal Televisi (TV Boster) – Skema rangkaian penguat sinyal tv pada gambar rangkian di bawah bisa dipakai untuk menguatkan sinyal RF yang berasal dari antena dngn range frekuensi 40 MHz sampai 900 MHz hingga bisa dipakai untuk menguatkan sinyal tv VHF ataupun UHF & menguatkan sinyal RF di penerima FM 88MHz – 108 MHz.

Skema rangkaian penguat sinyal tv tersebut benar-benar sederhana & di buat memakai komponen yg gampang didapat di pasaran. Skema rangkaian penguat sinyal tv (TV) tersebut di buat memakai 1 buah transistor yg dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage +9 Volt DC. Penguat sinyal TV tersebut mempunyai spesifikasi tehnis sbg berikut.

  • Respon Frekuensi : 40 – 900 MHz Gain : 20 dB
  • Tegangan/voltage Output Maximum : 90 uV
  • Impedancsi Input – Output : 75 ohm

Untuk membuat skema rangkaian penguat sinyal tv tersebut bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Penguat Sinyal Tv (TV Boster)

Daftar Komponen Skema rangkaian Penguat Sinyal Tv (TV Boster)

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 120 Ohm

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 1, 5 KOhm

Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 270 Ohm

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 82 KOhm

Capasitor 1, Capasitor 5 memiliki tipe atau berukuran 100pF (ceramic)

Capasitor 2, Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 1nF (ceramic)

Capasitor 4 memiliki tipe atau berukuran 2, 2pF (ceramic)

Dioda 1, Dioda 2 memiliki tipe atau berukuran 1N4148

Transistor memiliki tipe atau berukuran BFR90, BFR91, BFW92

L1, L2 memiliki tipe atau berukuran diameter : 5mm, diameter email 0, 5mm, 8 lilit

Untuk merakit skema rangkaian penguat sinyal tv (TV) tersebut bisa memakai desai PCB dibawah ini.

PCB Skema rangkaian Penguat Sinyal Tv (TV Boster)

Pada skema rangkaian penguat sinyal tv yang ditunjukan pada gambar di atas ada banyak terminal yg berperan sbg berikut, sinyal input yang berasal dari antena diubungkan ke terminal input 4 & 5, sinyal output skema rangkaian penguat sinyal TV yang berasal dari terminal 1 & 6 lalu sumber tegangan/voltage skema rangkaian penguat sinyal TV diberikan lewat terminal 3 & 2. Terminal 2, 5 & 6 pada skema rangkaian penguat sinyal TV yang ditunjukan pada gambar di atas yaitu jalur ground.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih