Cara Membuat Skema rangkaian Penguji TRIAC

By | December 12, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Penguji TRIAC – TRIAC adalah singkatan dari Triode Alternating Current Switch, yg bermakna saklar negatif untuk arus bolak-balik. TRIAC adalah satu komponen yg memiliki susunan atas 5 lapisan komposisi type P & N dlm arah lain pada terminal T1 & T2 & bisa menghantarkan dlm arah yg lain seperti diperlihatkan secara jelas di simbolnya. Dengan cara elektris, TRIAC tersebut adalah satu komponen yg berkepribadian seperti dua buah SCR (Thyristor) yg dipadukan dlm hubungan negatif terbalik.

TRIAC yaitu perangkat yg dipakai untuk mengontrol arus rata-rata yg mengalir ke satu beban. TRIAC tidak sama dngn SCR, di mana TRIAC tersebut bisa mengontrol arus dlm dua arah. TRIAC bisa diarahkan dlm keadaan hidup (on), baik lewat arus gate positif ataupun arus gate negatif. Bila arus positif diinjeksikan waktu T2 positif & arus negatif diinjeksikan waktu T1 positif, maka akhirnya benar-benar negatif (sensitif). Tetapi dlm prakteknya, arus gate negatif yg senantiasa dipakai. Di bawah ini yaitu gambar skema rangkaian Penguji TRIAC.

Gambar Skema rangkaian Penguji TRIAC

Skema rangkaian Penguji TRIAC tersebut bisa dipakai untuk tahu baik buruknya suatu TRIAC. Untuk mengukur/menguji TRIAC langkahnya yaitu dngn menempatkan TRIAC itu di tempat yg sudah ditetapkan. Lalu tombol S3 ditekan & apabila tombol S3 ditekan maka bakal timbul tegangan/voltage yg bakal men-trigger (menyebabkan) sisi gate TRIAC hingga anoda bakal terhubung & lampu bakal menyala. Dlm hal tersebut lampu bakal menyala jika TRIAC yg diukur dlm situasi bagus & sebaliknya apabila lampu tdk menyala bermakna TRIAC udah tdk bagus. Skema rangkaian tersebut pun bisa dipakai untuk menguji keadaan SCR.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih