Cara Membuat Skema rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

By | December 12, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis – Beberapa orang mempunyai rutinitas tidur sembari dengarkan musik. Jadi, piranti terus aktif menyala untuk periode waktu yg panjang yg mengakibatkan pemborosan daya. Untuk hindari hal tersebut, kami bakal mengetengahkan suatu skema rangkaian simpel, yaitu skema rangkaian timer yg secara automatis jadi OFF sesudah waktu yg ditetapkan. Pada skema rangkaian pewaktu off CD player automatis tersebut, piranti jadi ON di waktu kegelapan terjadi, maka setiap saat Kita mematikan lampu, CD player terhubung ke relay jadi ON & sesudah saat yg diputuskan maka jadi OFF hingga tdk butuh mematikan piranti karena telah dimatikan dengan cara automatis hingga tdk ada pemborosan listrik lagi.

Skema rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

Skema rangkaian tersebut di bangun oleh IC CD4060, LDR & beberapa komponen yang lain. IC CD4060 yaitu riak tahap 14 yg membawa kontra biner, pembagi & osilator. Yg di bangun dlm osilator yaitu feature utama dari IC itu, oleh karena itu bisa dipakai dlm banyak aplikasi seperti flasher, clock generator dlm skema rangkaian timer. LDR yaitu resistor yg tergantung sinar di intensitas sinar yg jatuh di atasnya.

Di sini, IC1 bekerja sbg sirkuit pembagi frekuensi. Osilator didasarkan di tiga inverter. Frekuensi dasar osilator internal ditetapkan oleh nilai kapasitor/kondensator terhubung ke pin 9, & resistor terhubung ke pin 10. Dngn menambah atau turunkan nilai kapasitor/kondensator & resistor, anda bisa merubah waktu menunda untuk periode & mematikan. Dengan cara internal, sinyal osilator diaplikasikan di bistable perdana yg mendorong bistable ke-2 & selanjutnya. Lantaran tiap-tiap bistable membagi sinyal input oleh dua, keseluruhan lima belas sinyal yg ada, masing-masing 1/2 frekuensi dari sebelumnya.

Langkah Kerja Skema rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

Skema rangkaian pewaktu off CD player automatis tersebut benar-benar simpel. Di sini, anda sudah memakai LDR sbg sensor yg terhubung ke basis transistor. Kami sudah menghubungkan resistor variabel dngn LDR hingga Kita bisa mengatur sensitivitas LDR. Sepanjang siang hari LDR tdk bakal bekerja sbg efek LED1 tetap mati & tunjukkan IC1 yg tdk bekerja. Namun dlm resistensi malam LDR meningkat & transistor T1 didorong untuk memotong. Hal tersebut bikin transistor T2 pun bekerja. Di waktu tersebut pin 12 dari IC1 turun & counter IC diawali. Pada awalnya, LED mulai berkedip, tunjukkan bahwasanya osilasi IC di mulai. Sesudah pin menit 5 (Q5) dari IC1 naik sbg efek transistor T3 mulai bekerja & piranti yg terhubung ke relai jadi ON.

Sesudah waktu yg sudah diputuskan, dlm skema rangkaian pewaktu off CD player automatis tersebut 40 menit, pin15 (Q10) naik & sisanya jadi rendah & relay isi lagi daya hingga piranti yg terhubung jadi off. Suatu dioda dikaitkan pada pin 15 & 11 lantaran saat output P 15 naik, ia mematikan IC hingga piranti tdk menyala/ON lagi hingga malam selanjutnya.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih