Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier 100 Watt

By | March 29, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier 100 Watt – Skema rangkaian power audio amplifier 100 watt tersebut adalah power audio amplifier type OTL (Output/keluaran Transformer Less) dngn daya output/keluaran 100 watt RMS untuk beban 8 ohm. Dimaksud sebagai power audio amplifier OTL lantaran system output/keluaran skema rangkaian power audio amplifier tersebut tdk memakai coupling transformer ke beban & tdk dihubungkan langsung ke beban tetapi memakai coupling kapasitor/kondensator untuk menghubungkan terminal output/keluaran skema rangkaian power audio amplifier dngn beban loud speaker.

Gambar Skema rangkaian Power Audio amplifier 100 Watt

Yg membuat skema rangkaian power audio amplifier tersebut dimaksud sbg power audio amplifier OTL yaitu dipasangnya coupling kapasitor/kondensator di terminal outputnya. Coupling output/keluaran skema rangkaian power audio amplifier tersebut memakai kapasitor/kondensator elektrolit Capasitor 8 2200/50v untuk menghubungkan terminal output/keluaran dngn beban loud speaker. Untuk membuat skema rangkaian power audio amplifier 100 watt OTL rakitan bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai seperti yang ditunjukan pada gambar di atas.

Skema rangkaian power audio amplifier tersebut di bangun memakai sebagian transistor dengan tipe dngn system output/keluaran yaitu skema rangkaian push-pull transistor dengan tipe power MJ15003 & MJ15004 sbg power amplifiernya. Skema rangkaian power audio amplifier OTL 100 watt yang ditunjukan pada gambar di atas adalah power audio amplifier kelas AB yg dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC tunggal + 90 volt DC.

Daya output/keluaran yg bisa dihasilkan oleh skema rangkaian power audio amplifier tersebut yaitu 100 watt RMS dngn beban berbentuk loud speaker 8 ohm. Transistor dengan tipe power di skema rangkaian power audio amplifier OTL 100 watt tersebut mesti dilengkapi dngn heat sink di waktu bekerja yg berperan untuk menyerap panas yg dihasilkan transistor dengan tipe power itu. Untuk hindari lonjakan tegangan/voltage di terminal output/keluaran skema rangkaian power audio amplifier OTL 100 watt tersebut butuh dilengkapi dngn skema rangkaian menunda (speaker protektor) untuk menghubungkan terminal output/keluaran dngn loud speaker.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih