Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier 2N3055

By | March 29, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier 2N3055 – Skema rangkaian power audio amplifier 2N3055 adalah power audio amplifier dngn daya output/keluaran 60 watt pada beban loud speaker 8 Ohm & bisa mensuply daya output/keluaran sebesar 80 watt pada beban loud speaker 4 Ohm. Skema rangkaian power audio amplifier tersebut memakai 2 buah power transistor dengan tipe yg sama dngn jenis 2N3055. Skema rangkaian power audio amplifier 2n3055 termasuk power audio amplifier kelompok OCL (Output/keluaran Capasitor Less).

Untuk mengoperasikan skema rangkaian power audio amplifier 2N3055 pada gambar di bawah dibutuhkan sumber tegangan/voltage simetris dngn level ± 30 volt sampai ± 60 volt. Sinyal input idel untuk skema rangkaian power audio amplifier 2N3055 tersebut sebaiknya pada 0, 8 volt sampai 1 volt. Untuk membuat maupun merakit sendiri “rangkaian power audio amplifier 2N3055″ tersebut bisa lihat skema rangkaian skema rangkaian & komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Power Audio amplifier 2N3055

Skema rangkaian power audio amplifier 2N3055 yang ditunjukan pada gambar di atas bekerja pada kelas AB. Titik kerja rangkian power audio amplifier 2N3055 yang ditunjukan pada gambar di atas bisa diatur dngn menetukan posisi tuas variabel resistor/hambatan dengan ukuran 500 Ohm pada basis transistor dengan tipe BC107 yang ditunjukan pada gambar di atas. Disamping itu manfaat variabel resistor/hambatan dengan ukuran 500 Ohm itu pun sbg seting 0 (zerro set) terminal output/keluaran pada waktu tdk ada sinyal input untuk power audio amplifier 2N3055 yang ditunjukan pada gambar di atas.

System final skema rangkaian power audio amplifier 2N3055 yang ditunjukan pada gambar di atas adalah konfigurasi push-pull, hingga pada waktu dihidupkan untuk perdana kali bakal timbul lonjakan arus pada terminal output/keluaran yg bisa mengakibatkan kerusakan kumparan loud speaker. Untuk menghindar kerusakan itu butuh dipasang rangkaain speaker protektor pada terminal output/keluaran skema rangkaian power audio amplifier 2N3055 itu.

Transistor dengan tipe power jenis 2N3055 pada rangakaian power audio amplifier yang ditunjukan pada gambar di atas butuh dilengkapi dngn pendingin (heatsink) untuk meredam panas yg dihasilkan transistor pada waktu skema rangkaian bekerja. Lantaran fisik transistor dengan tipe 2N3055 yaitu logam seluruhnya, maka butuh dipasang isolator dulu pada waktu menempatkan transistor dengan tipe 2N3055 itu pada pendingin (heatsink) itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih