Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier 800 Watt RMS

By | February 22, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier 800 Watt RMS – Skema rangkaian power audio amplifier tersebut bisa mensuply daya output/keluaran 800 Watt RMS & bekerja pada kelas AB. Skema rangkaian power audio amplifier 800 watt tersebut adalah power audio amplifier OCL dngn sumber tegangan/voltage DC simetris ┬▒ 70 volt. Skema rangkaian power audio amplifier 800 watt RMS tersebut memakai 5 buah transistor dengan tipe power jenis C5200 & jenis A1943. Skema rangkaian power audio amplifier 800 watt tersebut memerlukan sumber tegangan/voltage DC simetris ┬▒ 70 volt dngn kemampuan arus minimum 15 ampere. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian power audio amplifier 800 watt RM bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Audio amplifier 800 Watt RMS

Skema rangkaian power audio amplifier 800 watt di atas adalah gambar satu diantara chanel mono, untuk skema rangkaian power audio amplifier stereo butuh di buat 2 buah. Skema rangkaian power audio amplifier 800 watt RMS di atas terbagi dalam bagian-bagian sbg berikut.

Bagian penguat diferentsial, bagian tersebut disusun oleh konfigurasi transistor Q2 & Q3 jenis 2N5551.

Bagian driver power audio amplifier, bagian tersebut berperan utuk menguatkan sinyal suara saat sebelum diberikan ke transistor dengan tipe power audio amplifier. Skema rangkaian driver power audio amplifier tersebut terbagi dalam 2 bagian yakni driver untuk transistor dengan tipe C5200 & driver untuk transistor dengan tipe power A1943. Driver untuk transistor dengan tipe C5200 di bangun dngn skema rangkaian darlinton transistor dengan tipe MJE340 & A1943. Lalu driver untuk transistor dengan tipe power A1943 di bangun dngn skema rangkaian darlington MJE350 & C5200.

Bagian power transistor, bagian tersebut berperan sbg penguat akhir sinyal suara. Bagian penguat akhir tersebut disusun dngn skema rangkaian push-pull transistor dengan tipe C5200 & A1943 yg disusun secara push-pull & parallel 5 set.

Bagian kontrol bias transistor, bagian tersebut berperan untuk mengatur tegangan/voltage bias transistor dengan tipe power & titik kerja transistor. Di bagian tersebut bisa diatur kelas kerja transistor dari kelas AB sampai B memakai potensiometer P1 1 KOhm & transistor dengan tipe MJE340. Skema rangkaian power audio amplifier 800 watt tersebut memerlukan penambahan skema rangkaian loud speaker protektor untuk tunda saat terhubungnya loud speaker ke terminal output/keluaran power audio amplifier & untuk menghindar kebocoran arus DC yg masuk ke loud speaker.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih