Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier Mobil Stereo 500 Watt

By | April 1, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier Mobil Stereo 500 Watt – Skema rangkaian power audio amplifier mobil pada gambar di bawah bisa menghasilkan daya output/keluaran RMS 500 watt pada beban loud loud speaker 8 Ω. Skema rangkaian power audio amplifier untuk mobil tersebut adalah power audio amplifier type OCL dngn transistor dengan tipe power jenis TIP3055 & TIP2955. Skema rangkaian power audio amplifier mobil 500 watt tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage DC simetris ± 30 volt.

Skema rangkaian power audio amplifier mobil stereo 500 watt tersebut bisa diset sbg power audio amplifier stereo & power audio amplifier mono (bridge). Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat power audio amplifier mobil dngn output/keluaran 500 watt bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Audio amplifier Mobil Stereo 500 Watt

Skema rangkaian power audio amplifier mobil stereo yang ditunjukan pada gambar di atas memakai 4 unit transistor dengan tipe power TIP2955 & TIP3055 yg dirangkai secara push-pull untuk setiap chanelnya. Skema rangkaian power audio amplifier mobil stereo yang ditunjukan pada gambar di atas adalah power audio amplifier OCL yg bekerja pada kelas AB. Driver untuk transistor dengan tipe power TIP3055 & TIP2955 pada power audio amplifier mobil tersebut memakai transistor dengan tipe TI31 & TIP32. Skema rangkaian power audio amplifier mobil stereo 500 watt yang ditunjukan pada gambar di atas memakai penguat depan dari IC TL072 yg dilengkapi dngn level control (volume control) untuk mengatur kuat sinyal suara yg bakal diberikan ke power audio amplifier 500 watt itu.

Di bagian penguat depan tersebut dilengkapi dngn saklar selektor untuk menentukan mode kerja skema rangkaian power audio amplifier mobil stereo 500 watt tersebut dlm 2 mode kerja. Mode stereo, yakni mode kerja dngn 2 jalur sinyal input/masukan & output/keluaran. Pada mode tersebut power audio amplifier tersebut bisa menguatkan sinyal suara chanel L & R secara independet dngn output/keluaran 2 chanel (ouput L & R). Mode mono/bridge, yakni mode kerja power audio amplifier dngn 1 chanel input/masukan saja & 1 chanel output/keluaran secara bridge. mode mono/bridge tersebut dipakai pada waktu power audio amplifier dipakai untuk menggerakan loud speaker sub-woofer. Skema rangkaian power audio amplifier mobil stereo 500 watt yang ditunjukan pada gambar di atas adalah power audio amplifier OCL dngn sumber tegangan/voltage DC simetris ± 30 volt. Hingga skema rangkaian power audio amplifier mobil tersebut memerlukan skema rangkaian inverter DC 12 volt jadi tegangan/voltage simetris DC ± 30 volt dngn kemampuan arus minimum 5 ampere.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih