Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier OCL 150W

By | January 14, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Audio amplifier OCL 150W – Skema rangkaian power audio amplifier OCL 150W tersebut adalah skema rangkaian audio amplifier kelas AB. PCB untuk skema rangkaian power audio amplifier OCL 150W tersebut bisa dibeli di toko elektronika dngn beberapa merk. Sumber daya untuk power audio amplifier OCL 150W tersebut yaitu tegangan/voltage DC simetris dari ┬▒ 25 Volt hingga ┬▒ 42 Volt yg bisa di buat dngn sumber daya simetris pada artikel sebelumnya. Untuk hasil output/keluaran suara yg optimal sumber daya untuk skema rangkaian power audio amplifier OCL 150W tersebut minimum 5A. Skema rangkaian lengkap power audio amplifier OCL 150 W bisa disimak pada gambar skema rangkaian dibawah ini.

Skema rangkaian Power Audio amplifier OCL 150 W

Skema rangkaian power audio amplifier OCL 150 W seperti pada gambar di bawah memakai transistor dengan tipe power jenis 2N3055 & MJ2955 yg wujud fisiknya seperti tapal (kerap pula dimaksud transistor dengan tipe jengkol). Transistor dengan tipe power itu bisa ditukar dngn transistor dengan tipe komplemen yg lain seperti TIP3055 & TIP2955 hingga bisa lebih gampang dlm pemasangan heat sink transistor dengan tipe untuk power audio amplifier OCL 150 W itu. Komponen L, Ra, Rb & C di bagian output/keluaran power audio amplifier OCL 150W bisa ditiadakan.

Skema rangkaian power audio amplifier di atas tetap belum dilengkapi dngn skema rangkaian sumber daya & skema rangkaian pengatur suara (tone control). Skema rangkaian power audio amplifier type OCL komplementer sperti yang ditunjukan pada gambar di atas bakal menyebabkan denyut arus sebentar pada output/keluaran hingga timbul bunyi hentakan pada loud loud speaker hingga bisa mengakibatkan kerusakan loud speaker apabila berjalan terlampau lama, hentakan pada loud speaker itu bisa dihindari dngn menempatkan skema rangkaian loud speaker protektor.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih