Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply + 5 VDC TIP32

By | June 24, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply + 5 VDC TIP32 – Skema rangkaian power supply +5 VDC TIP32 adalah catu daya tunggal yg bisa berikan output stabil dngn tegangan/voltage + 5 volt DC & arus 3 ampere. Skema rangkaian power supply tersebut memakai regulator tegangan/voltage positif IC LM7805 & penguat arus berupa transistor dengan tipe PNP TIP32. Skema rangkaian power supply +5 VDC tersebut bisa dipakai untuk berikan sumber tegangan/voltage DC 5 Volt ke skema rangkaian digital maupun mikrokontroler. Untuk membuat skema rangkaian power supply +5 volt DC dngn arus 3A bisa disimak pada gambar skema rangkaian & komponen pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Supply + 5 VDC TIP32

Skema rangkaian power supply +5 volt DC yang ditunjukan pada gambar di atas terdiri dari bagian-bagian sbg dibawah ini.

  • Sisi rectifier, sisi tersebut berperan untuk menyearahkan tegangan/voltage AC yang berasal dari transformer jadi tegangan/voltage DC. komponen yg bertugas sbg rectifier yaitu dioda bridge Dioda 1 & kapasitor/kondensator elektrolit (elco) Capasitor 7.
  • Sisi regulator tegangan/voltage, sisi tersebut berperan untuk mengatur & menstabilkan tegangan/voltage output power supply +5 volt DC. sisi regulator tegangan/voltage tersebut memakai IC regulator tegangan/voltage positif jenis LM7805.
  • Sisi penguat arus, sisi tersebut berperan untuk menguatkan kemampuan memberikan arus sampai 3 A di skema rangkaian power supply yang ditunjukan pada gambar di atas. Komponen yg dipakai sebgi penguat arus yaitu transistor dengan tipe PNP jenis TIP32.

Pada skema rangkaian power supply +5 VDC TIP32 yang ditunjukan pada gambar di atas terminal VCC yaitu jalur output skema rangkaian power supply dngn tegangan/voltage +5 VDC. Skema rangkaian power supply tersebut bisa diberikan sumber input yang berasal dari transfoemr tanpa CT dngn tegangan/voltage 12 volt maupun yang berasal dari sumber tegangan/voltage DC +12 volt seperti accumulator. Transistor dengan tipe penguat arus TIP32 di skema rangkaian power supply +5 VDC yang ditunjukan pada gambar di atas mesti dilengkapi dngn pendingin (eatsink) untuk membuang panas yg dihasilkan transistor di waktu bekerja.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih