Cara Membuat Skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000 volt

By | July 15, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000 volt – Skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000 volt DC tersebut pada dasarnya yaitu skema rangkaian DC to DC converter dngn tegangan/voltage output bisa diatur (adjustable). Skema rangkaian power supply high voltage tersebut bisa memberikan tegangan/voltage output yg bisa diatur dari 0 volt DC sampai 1000 volt DC dngn arus 1 ampere. Skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000 volt tersebut memerlukan tegangan/voltage sumber 12 volt DC dngn arus minimum 800 mA. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk bikin skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000 volt DC bisa disimak di gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Supply High Voltage 0 – 1000V DC

Pada dasarnya skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000V DC yang ditunjukan pada gambar di atas yaitu skema rangkaian DC to DC konverter dngn tegangan/voltage output bisa diatur dari 0 VDC sampai 1000 VDC yg di bangun dngn komponen utama IC NE555, IC LM7805, IC LM339, MOSFET IRF510 & transformer CT. Komponen-komponen itu mempunyai manfaat di setiap sisi masing-masing sbg berikut.

  • Sisi pembangkit pulsa, sisi tersebut berperan untu membentuk pulsa 2KHz sbg pulsa driver ke MOSFET IRF510. Frekuensi kerja power supply high voltage (DC to DC Converter) ditetapkan oleh sisi pembangkit pulsa tersebut (2 KHz). Komponen yg dipakai untuk membentuk pulsa dngn frekuensi 2 KHz itu yaitu IC NE555 yg diset sbg astable multivibrator.
  • Sisi pemisah pulsa, bagian tersebut berperan untuk membuat pulsa 2 KHz menjad 2 buah pulsa 2 KHz dngn fase yg berbeda 180° (berkebalikan/komplemen) sbg pulsa driver MOSFET. Sisi tersebut dibentuk oleh 2 buah komparator penguat operasional (Op-Amp) IC LM339 (IC3A, IC3D).
  • Sisi voltage regulator, sisi tersebut berperan untuk mengatur tegangan/voltage output power supply dari 0 VDC sampai 1000VDC. Sisi tersebut dibentuk oleh penguat tegangan/voltage dngn OP-Amp (IC3C) yg diberikan tegangan/voltage input (rekomendasi) 5 volt DC yang berasal dari IC LM7805 yg bisa diatur dngn pembagi tegangan/voltage (Resistor 11) & jaringan umpan balik dngn Op-Amp (IC3B).
  • Sisi driver converter, sisi tersebut berperan untuk menguatkan tegangan/voltage bias gate MOSFET IRF510. Komponen yg dipakai sbg driver converter yaitu transistor dengan tipe jenis 2N3904.
  • Sisi power converter, sisi tersebut berperan untuk menginduksi transformer dngn frekuensi 2 KHz supaya memberikan output tegangan/voltage AC di terminal primernya. Sisi tersebut di bangun memakai MOSFET IRF510 yg memperoleh bias yang berasal dari transistor dengan tipe driver 2N3904 dngn pulsa 2 KHz.
  • Sisi step-up, sisi tersebut berperan untuk menaikan tegangan/voltage output converter sampai 1000 volt. Komponen yg dipakai untuk step-up yaitu transformer CT dngn spesifikasi 117 VAC – 6, 3 V CT.

Skema rangkaian power supply high voltage 0 – 1000 volt DC tersebut adalah rangakain tegangan/voltage tinggi, sehingga mesti hati-hati dlm pemakaiannya. Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih