Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply Simetris 78xx 79xx

By | February 25, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply Simetris 78xx 79xx – Skema rangkaian power supply simetris tersebut memakai IC regulator tegangan/voltage positif LM78xx & regulator tegangan/voltage negatif IC LM79xx. Skema rangkaian power supply tersebut bisa memberikan tegangan/voltage output sesuai dngn IC regulator yg dipakai. Arus maksimum yg bisa didapatkan dari skema rangkaian power supply simetris tersebut yaitu 1 Ampere untuk tiap-tiap jalur output postif & jalur output negatifnya.

Kode xx dibelakang jenis IC regulator tegangan/voltage positif 78xx ataupun regulator tegangan/voltage negatif 79xx bernilai tegangan/voltage output yang berasal dari regulator tegangan/voltage itu. Umpamanya untuk memperoleh tegangan/voltage output 12 volt DC simetris maka regulator tegangan/voltage yg dipakai yaitu IC 7812 untuk IC VR1 & IC 7912 untuk IC VR2. VR di skema rangkaian tersebut yaitu singkatan dari Voltage Regulator. Skema rangkaian lengkap dari power supply simetris 78xx & 79xx tersebut secara lengkap bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Supply Simetris 78xx 79xx

Skema rangkaian power supply simetris 78xx & 79xx yang ditunjukan pada gambar di atas benar-benar sederhana & gampang untuk di buat. Komponen yg dipakai untuk membuat power supply simetris 78xx dsan 79xx tersebut gampang didapat dipasaran. Skema rangkaian power supply simetris tersebut terdiri dari bagian-bagian sbg dibawah ini.

  • Bagia rectifier, adalah sisi yg berperan untuk menyearahkan gelombang. Sisi rectifier tersebut disusun oleh dioda bridge Dioda 1, Capasitor 1 & Capasitor 3 sbg filter maupun tapis riple tegangan/voltage.
  • Sisi regulator tegangan/voltage positif, sisi tersebut berperan berikan output tegangan/voltage positif teregulasi. Bsgian regulator tegangan/voltage posistif tersebut disusun oleh IC regulator VR1 78xx, Capasitor 2 & Capasitor 4.
  • Sisi regulator tegangan/voltage negatif, sisi tersebut berperan memberikan output tegangan/voltage negatif yg teregulasi. Sisi tersebut di buat dngn IC regulator VR2 79xx, Capasitor 5 & Capasitor 6.
  • Sisi indikator, sisi tersebut berperan untuk memberikan indikator bahwasanya power supply beroperasi. Indikator output positif yaitu LED L1, & indikator output negatif yaitu LED L2.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih