Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply Variabel 3-24V 3A

By | April 2, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply Variabel 3-24V 3A – Skema rangkaian power supply variabel tersebut bisa mensuply tegangan/voltage output yang berasal dari +3 volt sampai +24 volt DC dngn kemampuan arus sampai 3A. Skema rangkaian power supply tersebut memakai penguat arus berbentuk transistor dengan tipe jenis 2N3055 & regulator tegangan/voltage dngn Op-Amp LM1558. Rangkian power supply variabel 3-24V 3A tersebut dilengkapi skema rangkaian pembatas arus maksimal sbg system proteksi skema rangkaian power supply. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian power supply variabel 3-24V 3A bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Supply Variabel 3-24V 3A

Skema rangkaian power supply variabel 3-24V 3A yang ditunjukan pada gambar di atas mempunyai kemampuan arus yg dibatasi maksimal 3 ampere, kemampuan arus 3 ampere itu bisa dinaikan sampai 5 ampere dngn langkah turunkan nilai resistor sensor arue 0, 3 Ohm 5W jadi 0, 1 Ohm 5W. Skema rangkaian power supply variabel yang ditunjukan pada gambar di atas terdiri dari bagian-bagian sbg berikut.

Penurun tegangan/voltage, sisi tersebut berperan untuk turunkan tegangan/voltage AC 220V jadi tegangan/voltage AC 25V. Komponen yg dipakai untuk turunkan tegangan/voltage yaitu transformer step-down tanpa CT 25V dngn kemampuan Arus 5A.

Penyearah tegangan/voltage, sisi tersebut berperan untuk menyearahkan tegangan/voltage AC 25 volt jadi tegangan/voltage DC 25 volt. Komponen yg berperan sbg penyearah maupun rectifier yaitu dioda bridge 10A & kapasitor/kondensator elektrolit (elco) 2200 uF.

Regulator tegangan/voltage, skema rangkaian tersebut berfungsi untuk mengatur tegangan/voltage output power supply dari 3 volt DC sampai 24 volt DC. Skema rangkaian regulator tegangan/voltage tersebut di bangun dngn operasional amplifier IC LM1558 & sebagian komponen pendukung.

Penguat arus, skema rangkaian penguat arus berperan untuk menguatkan arus power supply hingga mampu mensuply sumber tegangan/voltage dngn arus 3 ampere. Skema rangkaian penguat arus tersebut di bangun memakai transistor dengan tipe power jenis 2N3055 dngn driver darilington transistor dengan tipe TIP 2N3904 & 2N3053.

Skema rangkaian pembatas arus, skema rangkaian tersebut berperan untuk membatasi arus maksimal output skema rangkaian power supply 3 ampere. Skema rangkaian tersebut di bangun memakai sensor arus resistor/hambatan dengan ukuran 0, 3 Ohm & transistor dengan tipe 2N3904.

Transistor dengan tipe power jenis 2N3055 mesti dilengkapi dngn pendingin (heat sink) untuk buang panas yg dihasilkan. Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih