Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor

By | March 16, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor – Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor adalah adaptor dngn tegangan/voltage output yg bisa diatur dari 0 volt sampai +15 volt DC. Regulator tegangan/voltage yg dipakai di Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor tersebut yaitu konfigurasi dioda zener, pembagi tegangan/voltage resistor & penguat arus transistor. Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor mempunyai kekuatan mensuply sumber tegangan/voltage dngn arus makasimal 1 Amper.

Kekuatan mengalirkan arus 1 A tersebut di pengaruhi oleh transistor Q1 yg dipakai, jika hendak menaikan arus maksimum, umpamanya 5 A maka transistor Q1 bisa ditukar dngn jenis yg lebih besar seperti 2N3055 & menggati transformer stepdown yg bisa mensuply arus maksimum 5A. Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor tersebut cukup sederhana & bisa di buat dngn cepat, komponen yg dipakai untuk merakit “Rangkaian Power Supply Variable Transistor” tersebut pun gampang didapat dipasaran. Gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai untuk membuat Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor bisa disimak di gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor

Daftar Komponen Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 56ohm 2Watt

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran Potensiometer 330ohm

Capasitor 1 Memiliki tipe atau berukuran 2200uF 35V

Capasitor 2 Memiliki tipe atau berukuran 100uF 35V

Capasitor 3 Memiliki tipe atau berukuran 10uF 25V

Capasitor 4 Memiliki tipe atau berukuran 220uF 25V

Capasitor 5 Memiliki tipe atau berukuran 100nF 100V

Dioda 1 Memiliki tipe atau berukuran Zener 18V 1. 5W

GR1 Memiliki tipe atau berukuran 4 X 1N4007

Q1 Memiliki tipe atau berukuran D313

T1 Memiliki tipe atau berukuran 220V 18V 1. 5A

Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor yang ditunjukan pada gambar di atas bisa mensuply tegangan/voltage output dari 0 sampai +15 volt DC, di mana untuk mengatur level tegangan/voltage output Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor bisa dikerjakan dngn langkah mengatur posisi tuas potensiometer Resistor 2.

Untuk mempermudah dlm seting tegangan/voltage output baiknya di output Skema rangkaian Power Supply Variable Transistor dipasang suatu volt meter untuk tahu tegangan/voltage output di waktu dikerjakan pengaturan posisi potensiometer Resistor 2 itu. Transistor Q1 di “Rangkaian Power Supply Variable Transistor” bakal menghasilkan panas di waktu bekerja, oleh karenanya transistor Q1 butuh dipasang suatu pendingin (heatsink) untuk buang panas yg dihasilkan di transistor Q1 tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih