Cara Membuat Skema rangkaian Pre-Amp Mic Dynamic Low Noise

By | August 25, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pre-Amp Mic Dynamic Low Noise – Skema rangkaian pre audio amplifier low noise tersebut berperan untuk menguatkan sinyal suara dari micrphone type dynamic. Microphone dynamic yg bisa dipakai pada skema rangkaian pre-amp tersebut yaitu microphone dynamic dngn impedansi output/keluaran 200 Ω sampai 600 Ω. Skema rangkaian pre audio amplifier maupun penguat depan microphone tersebut di buat memakai 3 buah transistor dengan tipe jenis BC547. Skema rangkaian pre audio amplifier microphone dynamic tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage +12 volt DC. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian pre audio amplifier microphone dynamic bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Pre-Amp Mic Dynamic Low Noise

Skema rangkaian pre audio amplifier microphone dynamic di atas di bangun dngn 3 tingkat penguat tegangan/voltage memakai transistor dengan tipe BC547. Skema rangkaian pre audio amplifier microphone di atas secara total bisa mensuply penguatan sinyal sebesar +39 dB. Skema rangkaian pre amplifer microphone tersebut bisa dipakai untuk menguatkan sinyal dari microphone dynamic dngn spesifikasi output/keluaran microphone kurang dari 10 mV.

Skema rangkaian pre audio amplifier microphone di atas memakai konfigurasi basis bersama (common base) untuk penguat sinyal suara dari microphone. Penguat tegangan/voltage mode common base benar-benar tidak sering dipakai pada penguat suara, walau demikian pada skema rangkaian pre-amp mic tersebut memakai penguat tegangan/voltage dngn transistor mode common base dngn maksud untuk menekan noise semaksimal mungkin & menguatkan sinyal suara dngn level SNR (Signal To Noise Ratio) yg tinggi. Dari penguat tegangan/voltage perdana, level tegangan/voltage sinyal suara di kontrol oleh potensiometer 47 KOhm sebelum saat dikuatkan kembali oleh skema rangkaian penguat tegangan/voltage dngn transistor Q2 & Q3 yg dirangkai secara direct, di mana penguat tegangan/voltage Q2 & Q3 adalah penguat common emitor.

Sinyal suara output/keluaran skema rangkaian pre audio amplifier microphone dynamic di atas bisa diberikan ke rangkain tone control ataupun power audio amplifier. Transistor Q1, Q2 & Q3 jenis BC547 bisa ditukar dngn transistor dengan tipe sejenis model BC109, BC548 & BC549 yg mempunyai karakteristik sejenis.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih