Cara Membuat Skema rangkaian Pre-Amp Untuk Power Audio amplifier Gitar

By | February 7, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Pre-Amp Untuk Power Audio amplifier Gitar – Skema rangkaian pre-amplifier tersebut berperan untuk menguatkan sinyal yg dihasilkan oleh gitar listrik & mengatur suara dari sinyal itu saat sebelum dikuatkan oleh power audio amplifier gitar. Skema rangkaian pre-amplifier gitar tersebut adalah pasangan dari skema rangkaian power audio amplifier gitar 60 watt pada sebelumnya. Pre-amplifier gitar pada gambar di bawah sudah dilengkapi dngn 3 pengatur suara (tone control) 3 way untuk mengatur level suara bass, suara trable & suara midrange yg dihasilkan oleh gitar listrik. Untuk membuat skema rangkaian pre-amplifier gitar tersebut bisa disimak skema rangkaian & nilai komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Pre-Amp Untuk Power Audio amplifier Gitar

Skema rangkaian pre-amplifier gitar yang ditunjukan pada gambar di atas di bangun memakai penguat operasional IC TL072 & memakai sumber tegangan/voltage DC simetris ┬▒ 15 volt DC. Pre-amplifier gitar tersebut disusun dlm 3 tingkat penguat sinyal, 2 penguat sinyal memakai penguat operasional IC TL072 & 1 penguat sinyal memakai transistor dengan tipe BC549. Pre-amplifier gitar yang ditunjukan pada gambar di atas sudah dilengkapi oleh tone control 3 way yg di bangun memakai penguat operasional (Op-Amp) TL072.

Pada pengatur suara (tone control) itu ada 2 pilihan jalur input/masukan dngn karakteristik yg tidak sama, yakni input/masukan Low & High yg berperan untuk jalur input/masukan sinyal suara dari gitar listrik & tombol bright untuk memperoleh karakter pengaturan suara yg tidak sama. Sumber daya untuk skema rangkaian gitar listrik tersebut jadi satu dngn sumber daya untuk power audio amplifier gitar listrik, di mana untuk mensupply skema rangkaian pre-amplifier gitar listrik tersebut sudah dilengkapi regulator tegangan/voltage simetris ┬▒ 15 volt memakai dioda zener.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih