Cara Membuat Skema rangkaian Radio FM Sederhana 3V

By | January 23, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Radio FM Sederhana 3V – Skema rangkaian radio FM sederhana tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage DC +3 volt dari 2 unit baterai AA. Radio FM pada gambar di bawah sudah dilengkapi dngn penguat suara (audio amplifier) sbg penguat sinyal suara untuk menggerkan suatu headphone. Pada intinya skema rangkaian radio FM sederhana tersebut disusun oleh 2 unit transistor & penguat suara menggunakan IC TDA7050. Gambar skema rangkaian & nilai komponen untuk membuat skema rangkaian radio FM sederhana tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Radio FM Sederhana 3V

Dari gambar skema rangkaian di atas tampak bahwasanya skema rangkaian radio FM sederhana 3 Volt di atas terbagi dalam beberapa bagaian sbg berikut.

Bagian radio penerima (receiver) FM di bangun memakai 2 unit transistor dengan tipe jenis BF199. Ke-2 transistor dengan tipe tersebut membuat skema rangkaian receiver FM yg benar-benar sederhana. Secara total skema rangkaian penerima radio (receiver) FM tersebut yaitu konfigurasi ke-2 transistor T1 & T2 jenis BF199 itu dngn skema rangkaian induktor L & kapasior C. Frekuensi tuning radio penerima (receiver) FM yang ditunjukan pada gambar di atas diatur memakai suatu variabel kapasitor/kondensator (varco). Sbg detektor FM dipakai konfigurasi RC Capasitor 1, Resistor 2 & Capasitor 2.

Bagian penguat suara, bagian ini berperan untuk menguatkan isyarat informasi (sinyal suara) dari skema rangkaian penerima (receiver) FM. Skema rangkaian penguat suara tersebut di bangun memakai IC TDA7050 yg diberikan beban suatu headphone untuk dengarkan isyarat informasi itu. Di bagian penguat suara skema rangkaian radio penerima (receiver) FM tersebut dilengkapi dngn pengatur volume yg berperan untuk memastikan level sinyal suara yg dikuatkan oleh bagian penguat suara tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih