Cara Membuat Skema rangkaian Radio Tanpa Listrik

By | December 13, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Radio Tanpa Listrik – Selama ini radio yg diperjualbelikan pada beberapa toko elektronika memakai arus listrik DC sbg catu dayanya. Barangkali Kita tdk yakin bila sebetulnya ada radio tanpa memakai arus listrik. Memanglah kedengarannya nyeleneh, namun agar tdk penasaran di postingan saat ini kami bakal mengulas perihal pembuatan skema rangkaian radio tanpa listrik.

Bila Kita tdk salah dlm menempatkan komponen-komponennya & pas dngn lambang dan ketetapan yang lain, radio tersebut bakal bekerja dngn bagus. Oleh karenanya diutamakan di sini, sebaiknya Kita pelajari & memahami dulu simbol-simbol elektronika yg dipakai dlm skema rangkaian tersebut, kemudian barulah Kita mengambil langkah di perakitan skema rangkaian radio tanpa listrik yg benar-benar simpel tersebut.

Gambar Skema rangkaian Radio Tanpa Listrik

Daftar komponen :

F memiliki tipe atau berukuran Batang ferit

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran Varco (kondensator variabel) 0-25 pF

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran Kondensator mika/keramik berkapasitas 50 – 100 pF

A memiliki tipe atau berukuran Antena penerima selama 10 – 17, 5 meter

K memiliki tipe atau berukuran Dioda kristal o A72

T memiliki tipe atau berukuran Headphone (earphone) dngn ketahanan 3000 Ohm

L memiliki tipe atau berukuran Lilitan/spul anterna memakai kawat nikelin 0, 25 mm & koker 12, 5 mm sejumlah 30 lilitan

Skema rangkaian radio tanpa listrik cuma berperan sbg radio penerima (receiver) saja. Lantaran radio tersebut memakai dioda kristal, maka radio tersebut dapat dimaksud sbg radio kristal. Lewat antena dioda kristal bakal mengolah gelombang suara yg lalu disimpan dlm kondensator keramik/mika.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih