Cara Membuat Skema rangkaian Regulator Variabel

By | December 14, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Regulator Variabel – Bila Kita ingin tegangan/voltage catu daya DC variabel dari 1. 2V hingga 30V DC & bisa sediakan maksimum arus 5A. Anda barangkali mempunyai banyak pilihan seperti : memodifikasi LM317 jadi Regulator Variabel 0-30 V 1A dngn memberikan transistor dengan tipe daya MJ2955 pada sirkuit sesudah regulator power supply 3Amp 1. 2V-20V & 3V-6V-9V-12V maupun bakal bangun variabel DC skema rangkaian regulator 30V 0-5A dngn bagus pula, namun cara tersebut agak rumit & membuang-buang uang terlampau banyak.

Menyikapi persoalan itu, kami saat ini mengetengahkan Skema rangkaian Regulator Variabel. Anda bisa bangun sirkuit tersebut dngn gampang & murah. Dngn memakai cuma satu IC No LM338. Serupa dngn jumlah IC LM317, namun bisa memasok sampai 5A. Sbg bahan dasar Kita bereksperimen, di bawah ini kami lampirkan gambar ramgkaiannya.

Gambar Skema rangkaian Regulator Variabel

Adapun langkah kerja Skema rangkaian Regulator Variabel yaitu sbg berikut. T1 yaitu transformator merubah AC 220V ke 24 Vac, jadi melakukan perbaikan arus dngn dioda penyearah jembatan BD1 – 10A 400V. Hingga DCV sudah keluar yg menyaring kapasitor/kondensator 1 sama dngn 35 volt. IC1 yaitu jantung dari operasi sirkuit tersebut. Dngn nilai output tegangan/voltage yg didapat dari IC bergantung di nilai tegangan/voltage pada pin dari IC1, maupun bisa divariasikan dngn mengatur VR1 itu. Tetapi tegangan/voltage output bakal lebih kurang sama dngn 1, 25 1, 25 VR1/Resistor 1. Tegangan/voltage output di pin output dari IC1 yaitu filter lebih kuat dngn kapasitor/kondensator 3. Daya sesuai pasokan 1, 2-30V 5A memakai LM338.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih