Cara Membuat Skema rangkaian Remote Control Universal IC NE555

By | April 5, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Remote Control Universal IC NE555 – Skema rangkaian remote control universal IC NE555 tersebut bisa dipakai untuk mengatur peralatan listrik rumah tangga memakai remote control infra red (irda). Peralatan listrik yg bisa dikendalikan memakai skema rangkaian remote control universal IC NE555 tersebut diantaranya : lampu, kipas angin, mesin air, blower & sebagainya. Skema rangkaian remote control universal tersebut dibuat dngn maksud untuk mempermudah sistem menyalakan maupun mematikan peralatan tersebut sekalian untuk mengganti pemakaian saklar konvensional.

Remote control yg bisa direspon oleh skema rangkaian controller tersebut yaitu semua remote control infra red (irda) dngn range frekuensi pada kisaran 25 – 60 KHz sesuai dngn receiver infra red (irda) yg dipakai. Pada umumnya semua remote control TV, VCD player ataupun remote infra red (irda) yg lain bisa dipakai untuk mengatur modul control tersebut. Untuk membuat skema rangkaian remote control unicersal IC NE555 tersebut cukup sederhana & gampang dibuat dngn komponen yg gampang didapat dipasaran. Gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai untuk membuat skema rangkaian remote control universal IC NE555 bisa disimak di gambar berikut.

Skema rangkaian Remote Control Universal IC NE 555

Dari skema rangkaian yang ditunjukan pada gambar di atas tampak bahwa rangkaian remote control universal IC NE555 diatas cukup sederhana. Skema rangkaian remote control universal itu dioperasikan menggunakan sumber tegangan/voltage DC +5 volt sampai +12 volt hingga bisa dioperasikan dngn 1 buah baterai 9 volt. Dngn interface relay sehingga rangkaian remote control universal tersebut bisa mengatur peralatan yg dioperasikan dngn tegangan/voltage AC ataupun DC. Untuk bikin rangakaian remote control universal IC NE555 dari skema rangkaian yang ditunjukan pada gambar di atas bisa memakai layout PCB seperti di gambar berikut ini.

Gambar Layotu PCB Skema rangkaian Remote Control Universal IC NE555

Pada prinsipnya skema rangkaian remote control universal yang ditunjukan pada gambar di atas yaitu memakai sinar infra red (irda) yang berasal dari suatu remote control & di terima oleh receiver infra red (irda) lalu di proses oleh IC NE555 untuk menghidupkan suatu pulsa sbg input IC JK Flip-Flop 74109 yg diset dlm keadaan togle. Pemberian pulsa yang berasal dari remote control yg pertama bakal berperan untuk menghidupkan peralatan listrik & pulsa yg ke-2 berperan untuk mematikan peraltan listrik. Kami ingin beberapa hoby elektronik bisa membuat dngn gampang, lantaran skema rangkaian remote control universal IC NE555 tersebut cukup sederhana.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih