Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Lampu Elektronik

By | December 13, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Lampu Elektronik – Skema rangkaian Saklar Lampu Elektronik yaitu suatu skema rangkaian saklar yg beroperasi dngn pertolongan sinar. Skema rangkaian tersebut bakal sangat mungkin Kita bikin suatu saklar yg bakal diaktifkan oleh sinar yg jatuh di sensor. Ini merupakan piranti yg benar-benar bermanfaat & bisa dipakai untuk kepentingan otomatisasi, system keamanan, remote kontrol & lain-lain. Skema rangkaian tersebut benar-benar peka, melakukan tindakan cepat & handal. Skema rangkaian memakai Light Dependent Resistor (LDR) sbg sensor & tiga transistor untuk memperkuat sinyal dari LDR & mendorong relay yg lakukan switching.

Mencermati langkah kerja & prinsip kerjanya, skema rangkaian tersebut dapat diterapkan untuk beragam kepentingan. Karenanya mari anda membuatnya. Skema rangkaian tersebut tergolong skema rangkaian simpel meskipun telah memakai LDR & transistor sbg jantungnya. Di bawah ini kami sertakan gambar Skema rangkaian Saklar Lampu Elektronik untuk komposisi evaluasi. Silahkan tengok & tekuni.

Gambar Skema rangkaian Saklar Lampu Elektronik

Daftar komponen :

R memiliki tipe atau berukuran light resistor

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 4, 7 K

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 1, 2 K

Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 2, 2 K

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 1, 2 K

Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 1, 2 K

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 2, 7 K

Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran 100 K

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 10 Рјf/16V

TR1 memiliki tipe atau berukuran BC107-BC108 NPN (CV7644)

TR2 memiliki tipe atau berukuran BC107-BC108 NPN (CV7644)

TR3 memiliki tipe atau berukuran BC557-BC558-BC327 PNP

Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran 1N4148 Diode

RELAY memiliki tipe atau berukuran 12V relay

Seperti yg bisa Kita tengok dari gambar skema rangkaian di atas, di input skema rangkaian ada pemangkas (Resistor 7) yg dihubungkan dengan cara seri dngn LDR sedemikian rupa untuk membuat pembagi tegangan/voltage. Saat sinar jatuh di LDR itu mengakibatkan resistensi beralih & ini mengakibatkan tegangan/voltage pada semua LDR berubah. Pergantian tegangan/voltage dipakai untuk merubah situasi transistor TR2 switching ON & OFF. Output dari TR2 mengatur TR1 & ini pada gilirannya output (TR3) menggerakkan relay. Dioda 1 membuat perlindungan transistor dari ggl belakang yg dihasilkan dari kumparan relay saat dimatikan. Pemangkas Resistor 7 sesuaikan sensitivitas sirkuit hingga bisa saja untuk memakainya di bawah keadaan yg benar-benar berlainan. Skema rangkaian Saklar Lampu Elektronik tersebut beroperasi dari catu daya 9-12 VDC & kontak relay dinilai pada 250 V/2 A.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih