Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555

By | June 3, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555 – Skema rangkaian saklar sentuh tersebut bisa dipasang pada pintu gudang maupun pintu belakang rumah yg tidak sering dipakai. Manfaat saklar sentuh tersebut yaitu untuk mensuply indikator jika ada orang yg menyentuh kunci pintu lokasi itu. Langkah kerja skema rangkaian saklar sentuh tersebut yaitu bakal membaca sentuhan tangan pada kunci pintu sbg triger untuk mengaktifkan system saklar lalu lewat saklar relay dipakai untuk mengaktifkan alarm. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat saklar sentuh dngn IC 555 bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Saklar Sentuh Dngn IC 555

Skema rangkaian saklar sentuh yang ditunjukan pada gambar di atas di buat memakai IC NE555 yg diset sbg timer dngn eksekutor berbentuk relay yg dikendalikan oleh transistor dengan tipe T1 2N3904. Relay pada skema rangkaian saklar sentuh tersebut bisa dipakai untuk menyalakan alarm DC ataupun AC sesuai dngn alarm yg dipakai atau bisa pula dipakai untuk mengaktifkan system indikator yg lain sperti lampu maupun alat perekam.

Prinsip kerja skema rangkaian saklar sentuh dngn IC NE555 tersebut bisa di jabarkan sbg berikut.

IC NE555 dirangkai sbg timer dngn waktu ON ditetapkan oleh konfigurasi Resistor 1, P1 & Capasitor 1. Untuk mengatur lamanya timer ON bisa diatur dngn merubah nilai resistansi P1 dngn langkah mengatur posisi tuas potensiometer P1. Timer IC NE555 tersebut diaktifkan dngn sinyal triger yg disambungkan ke pelat logam pada kunci pintu. Sinyal triger itu datang dari elektro statis pada badan orang yg menyentuh pelat logam pada kunci yg terhubung ke skema rangkaian saklar sentuh tersebut.

Jika kunci disentuh memakai jari maka bakal mensuply triger ke skema rangkaian timer IC NE555 hingga timer ON & mengaktifkan relay yg dipakai untuk menyalakan alarm hingga alarm menyala sepanjang beberapa waktu. Langkah instalasi skema rangkaian saklar sentuh tersebut cukup gampang yakni dngn menghubungkan jalur triger ke plat logam pada kunci pintu seperti yang ditunjukan pada gambar di atas & menghubungkan alarm ke skema rangkaian saklar sentuh tersebut. lalu sumber tegangan/voltage untuk skema rangkaian saklar sentuh tersebut bisa diberikan tegangan/voltage DC +12 volt yg di ambil dari baterai maupun sumber daya 12 volt DC.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih