Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Dengan Satu Keping Logam

By | December 10, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Dengan Satu Keping Logam – Bila di artikel sebelumnya, kita sudah coba merakit skema/rangkaian saklar sentuh sederhana, barangkali kita terasa repot & kurang senang (tdk pas dngn apa yg kita kehendaki/kurang efektif) lantaran di skema/rangkaian itu mesti menngunakan dua keping logam yg dipakai sbg media sentuhnya.

Di skema/rangkaian dibawah ini adalah skema/rangkaian Saklar Sentuh Dngn Memakai Satu Keping logam sbg media sentuhnya. Langkah kerja rangkaiannya tdk jauh berlainan. Dngn memakai satu keping logam sbg media sentuhnya. Jika logam disentuh bakal mengakibatkan relay terbuka & bila disentuh kembali logam itu relay bakal tertutup.

Tegangan/voltage 12 VDC untuk mencatu relay sedang tegangan/voltage untuk IC 4011 sebesar 3, 9 volt yg didapat dari penurunan oleh Zener Dioda (D2). Dngn menyentuh logam, input IC kaki 1 tegangannya bakal turun & mengakibatkan output IC berbentuk flipflop 4011 bakal naik & bisa menggerakkan transistor yg selanjutnya relay (RL1) aktif, sebaliknya bila disentuh kembali bakal melepas relay (RL1) di keadaan non aktif.

Daftar Komponen Rangkaiaan Saklar Sentuh :

Resistor 1=10M

Resistor 2-3=1M

Resistor 4=33K

Resistor 5=1. 8K

Resistor 6=1K

Capasitor 1-2=470nF

Capasitor 3=47nF

Capasitor 4=22uF 25V

Dioda 1=1N4148

Dioda 2=3. 9V 0. 4W ZENER

Dioda 3=LED RED

Q1=BD679

IC1=4011

RL1=12V Relay

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih