Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Lampu DC

By | March 2, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Lampu DC – Skema rangkaian saklar sentuh lampu DC adalah skema rangkaian sederhana yg bisa dipakai untuk menyalakan lampu DC dngn cuma menyentuh satu terminal memakai jari tangan anda. Skema rangkaian saklar sentuh lampu DC tersebut cukup sederhana & cuma memakai 1 unit MOSFET untuk membuatnya. Gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai untuk membuat skema rangkaian saklar sentuh lampu DC tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Saklar Sentuh Lampu DC

Dari gambar skema rangkaian saklar sentuh lampu DC di atas tampak bahwasanya skema rangkaian saklar sentuh tersebut benar-benar sederhana & gampang untuk di buat. Untuk mengoperasikan skema rangkaian saklar sentuh lampu DC tersebut bisa dipakai sumber tegangan/voltage DC +12 volt maupun sesuai dngn tegangan/voltage kerja lampu yg dipasang pada skema rangkaian saklar sentuh itu.

Tegangan/voltage supply untuk skema rangkaian saklar sentuh lampu DC tersebut bisa di ambil dari baterai maupun dari sebuat sumber daya. Pada intinya prinsip kerja skema rangkaian saklar sentuh lampu DC tersebut cukup sederhana, yakni pada waktu terminal gate anda sentuh bersamaan dngn terminal positif maka jalur gate MOSFET bakal memperoleh bias tegangan/voltage hingga MOSFET konduk (ON) hingga ada arus listrik mengali pada lampu lewat MOSFET.

Lalu pada waktu terminal itu tdk anda sentuh maka, tegangan/voltage bias gate MOSFET tdk ada & MOSFET kembali OFF. Lantaran pada pin gate MOSFET dipasang suatu kapasitor/kondensator, maka sistem menyala lampu tdk langsung hidup maupun mati sesuai sistem pengisian & pengosongan kapasitor/kondensator itu. Skema rangkaian saklar sentuh lampu DC dngn MOSFET tersebut bisa diterapkan pada kendaraan maupun sbg bahan percobaan saklar elektronik memakai MOSFET.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih