Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Suara

By | December 10, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Saklar Suara – Skema/rangkaian tersebut adalah skema/rangkaian saklar elektronik yg sensitif pada suara pemakainya. Komponen yg bertindak sbg sensor berbentuk microphone (MIC). Dngn memakai skema/rangkaian tersebut penguna tdk lagi repot-repot menekan tombol saklar waktu menyalakan lampu atau peralatan elektronik yang lain.

Nada dari pemakai adalah input dari microphone (MIC) & jadi input tanda input ke IC1A op-amp (LM 358). Ini adalah skema/rangkaian non-inverting amplifier dngn membuahkan penguatan 151 atau 43, 6 dB. VR (variabel Resistor 6) berperan untuk mengatur & sesuaikan penguatan/sensitivitas dari skema/rangkaian non-inverting amplifier itu. Satu penyusunan awal dapat digunakan apabila gainnya konsisten, Potensiometer digunakan untuk memicu di tingkat suara yg berbeda agar beroleh rata-rata keluaran suaranya.

Tegangan/voltage DC 12 V adalah sumber tegangan/voltage ke kaki no. 5 di IC1b op-amp yg ke-2, yg berperan sbg suatu comparator. Tegangan/voltage resistif di pin 6 berkisar kurang lebih 2V. Jika tegangan/voltage di pin 6 & pin 7 tinggi. Maka bakal menggerakkan transistor Q1 & bakal mengaktifkan relay dan menyalakan LED. Dioda 1n4004 pada relay berperan untuk hindari tegangan/voltage balik yg dapat mengakibatkan rusaknya di transistor.

Skema/rangkaian Saklar Suara

Catatan : skema/rangkaian saklar suara tersebut berperan tutup kontak relay & setelah itu bakal membukanya kembali (dlm waktu khusus), untuk menyalakan lampu atau peralatan elektronik yang lain, anda mesti menggabungkan dngn skema/rangkaian Saklar On-Off Digital atau skema/rangkaian saklar elektronik yang lain.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih