Cara Membuat Skema rangkaian Sederhana Alarm Pendeteksi Kebakaran

By | December 11, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Sederhana Alarm Pendeteksi Kebakaran – Dibawah ini adalah skema/rangkaian sederhana alarm kebakaran yg memakai IC NE555. Skema/rangkaian alarm pendeteksi kebakaran tersebut memakai sensor berbentuk Thermistor sbg sensor yg bakal mendeteksi pergantian suhu. Saat berlangsung pergantian suhu naik maka Thermistor bakal merubah nilai resistansi & lalu bakal mengaktifkan alarm.

Thermistor tersebut bekerja bila nilai resistansinya rendah di suhu tinggi & sebaliknya resistensi bakal tinggi bila temperatur rendah. Langkah kerja Thermistor yg seperti ini bakal anda gunakan untuk rasakan api.

Transistor T1, T2 & IC1 (NE555) dikonfigurasi sbg osilator yg bekerja bebas di frekuensi audio yg bakal membuahkan suara alarm. Output IC di pin 3 adalah input basis untuk transistor T3 (SL100), yg berperan penguat suara alarm.

Frekuensi NE555 bergantung di nilai-nilai resistensi Resistor 5 & Resistor 6 dan kapasitansi termistor Capasitor 2. Bila Thermistor jadi panas, bakal memperoleh resistensi rendah untuk tegangan/voltage positif ke basis transistor T1 lewat dioda D1 & Resistor 2. Capasitor 1 membuahkan tegangan/voltage suplai positif & menambah waktu yg alarm ON. Makin besar nilai Capasitor 1, makin besar bias positif di terapkan di basis transistor T1 (BC548).

Dibawah ini skema/rangkaian Sederhana Pendeteksi Api :

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih