Cara Membuat Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse)

By | May 3, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) – Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) cukup sederhana & gampang untuk dibuat baik memakai PCB ataupun dirakit secara langsung di setiap kaki komponennya. Komponen yg dipakai untuk membuat Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) tersebut pun gampang didapat pada toko elektronik. Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) bisa diterapkan di power supply dirangkai secara seri dngn beban yg dipakai.

Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) adalah skema rangkaian sederhana yg bisa dipakai sbg pengganti fuse (sekering) dlm skema rangkaian DC. Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) tersebut sederhana & praktis dlm pemakaian dan aplikasinya dlm skema rangkaian elektronik. Langkah pemasangan Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) tersebut yaitu di pasang seri pada power supply & skema rangkaian elektronik yg di proteksi. Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) tersebut terdiri dari sebagian komponen seperti pada gambar berikut.

Gambar Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse)

Komponen utama Skema rangkaian Sekering Elektronik DC (DC Electronic Fuse) tersebut yaitu transistor dengan tipe 2N3055 & SCR T106. Komponen yg dipakai untuk mengalirkan arus yang berasal dari power supply ke beban yaitu transistor dengan tipe 2N3055. Lalu SCR di atas berperan untuk pemutus bias basis transistor dengan tipe 2N3055 jika berlangsung short circuit di beban. Untuk mengaktifkan kembali cukup dngn menekan tombol reset, walau demikian yakinkan sudah tdk berlangsung short circuit di beban.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih