Cara Membuat Skema rangkaian Sensor Parkir Infra Merah

By | April 27, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Sensor Parkir Infra Merah – Skema rangkaian sensor parkir infra red (irda) tersebut berfungsi untuk berikan indikator jarak parkir sisi depan maupun belakang mobil dngn dinding tempat parkir mobil. Skema rangkaian sensor parkir infra red (irda) tersebut semestinya dipasang di sisi paling ujung dari sisi depan mobil ataupun sisi belakang mobil. Sensor parkir tersebut bekerja memakai sinar infra red (irda) yg dipancarkan lalu dipantulkan oleh diding kembali ke skema rangkaian sensor parkir itu.

Skema rangkaian sensor parkir tersebut mempunyai sensitifitas jarak dari 6cm sampai 20 centi meter. Jarak dinding & mobil dipresentasilkan memakai indikator LED 3 buah yg bakal menyala di waktu jarak mobil & dinding mulai dari 20 centi meter. Pada dasarnya skema rangkaian sensor parkir infra red (irda) tersebut terdiri dari 2 bagian yakni, bagian transmitter infra red (irda) & bagian receiver infra red (irda). Untuk merakit maupun membuat skema rangkaian sensor parkir infra red (irda) tersebut bisa disimak pada gambar berikut.

Gambar Skema rangkaian Sensor Parkir Infra Merah

Daftar Komponen Skema rangkaian Sensor Parkir Infra Merah

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 2, Resistor 5, Resistor 6, Resistor 9 Memiliki tipe atau berukuran 1K

Resistor 3 Memiliki tipe atau berukuran 33R

Resistor 4, Resistor 11 Memiliki tipe atau berukuran 1M

Resistor 7 Memiliki tipe atau berukuran 4K7

Resistor 8 Memiliki tipe atau berukuran 1K5

Resistor 10, R12-R14 Memiliki tipe atau berukuran 1K

Capasitor 1, Capasitor 4 Memiliki tipe atau berukuran 1µF 63V

Capasitor 2 Memiliki tipe atau berukuran 47pF

Capasitor 3, Capasitor 5 Memiliki tipe atau berukuran 100µF 25V

Dioda 1 Memiliki tipe atau berukuran Infra-red LED

Dioda 2 Memiliki tipe atau berukuran Infra-red Foto Diode

Dioda 3, Dioda 4 Memiliki tipe atau berukuran 1N4148

D5-7 Memiliki tipe atau berukuran LED

IC1 Memiliki tipe atau berukuran 555

IC2 Memiliki tipe atau berukuran LM324

IC3 Memiliki tipe atau berukuran 7812

Bagian transmitter infra red (irda) di skema rangkaian sensor parkir yang ditunjukan pada gambar di atas di bangun memakai dioda infra red (irda) yg dikendalikan dari IC timer 555. Lalu bagian receiver di bangun dngn dioda foto sbg receiver & penguat operasional untuk memproses tegangan/voltage input itu. Indikasi jarak antar dinding & mobil oleh skema rangkaian sensor parkir infra red (irda) yang ditunjukan pada gambar di atas ditunjukan dngn nyala LED, di mana LED D7 bakal menyala di jarak 20 centi meter, lalu LED D7 & Dioda 6 bakal menyala di jarak 10 centi meter & LED D7, Dioda 6, Dioda 5 bakal menyala di jarak 6 centi meter. Disamping bisa dipasang di mobil skema rangkaian sensor parkir tersebut pun bisa dipasang di dinding garasi rumah dngn sensor diarahkan ke mobil.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih