Cara Membuat Skema rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555

By | January 22, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555 – Skema rangkaian sirine polisi adalah sirine dngn 2 suara yg tidak sama & saling bergantian. Untuk membuat sirine polisi dibutuhkan 2 pembangkit suara yg sama-sama berhubungan supaya bisa menghasilkan suara yg tidak sama & bergantian. Skema rangkaian sirene polisi tersebut di bangun memakai 2 buah IC NE555 yg diset sbg pembangkit suara yg bebeda & sama-sama berhubungan. Skema rangkaian sirine polisi yg di buat dngn 2 buah IC NE555 tersebut bisa dinyalakan dngn sumber tegangan/voltage DC +5V sampai +15V. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian sirine polisi bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Sirine Polisi Dngn IC NE555

Skema rangkaian sirine polisi dngn 2 IC NE555 pada gambar skema rangkaian di atas adalah paduan dari 2 pembangkit suara yg bebeda, 1 pembangkit suara lengkingan & 1 lagi pembangkit suara yg lebih rendah. 2 Suara yg dihasilkan itu dibuat sama-sama berhubungan lewat pin 5 IC NE555. Tehnik memadukan 2 suara yg tidak sama pada skema rangkaian sirine polisi dngn IC NE555 tersebut yaitu menumpangkan suara yg lebih rendah ke suara yg lebih tinggi (IC ke 2). Pada intinya pembangkit suara IC NE555 pada skema rangkaian sirine polisi di atas adalah skema rangkaian multivibrator astabil dngn output/keluaran gelombang kotak dngn frekuensi yg bebeda.

IC 1 adalah pembangkit suara yg lebih rendah daripada IC2. Frekuensi yg lebih rendah pada pembangkit suara IC1 bisa diatur memakai VR1 47K lalu frekuensi lengkingan dngn suara yg lebih tinggi pada pembangkit suara IC2 dapt diatur memakai VR2 100K. IC2 NE555 disamping berperan untuk pembangkit suara lengkingan, mencampurkan 2 suara yg bebeda pun berperan sbg penggerak beban berbentuk loud speaker kecil. Untuk memperoleh tekanan suara yg lebih keras bisa dipakai loud speaker dngn daya lebih besar & memberikan transistor pada output/keluaran IC2 sbg penguat sinyal.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih