Cara Membuat Skema rangkaian Solid State Relay 220VAC 500W

By | January 24, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Solid State Relay 220VAC 500W – Solid state relay berperan sama seperti perihal relay mekanik, dngn solid state relay anda bisa mengatur beban AC ataupun DC daya besar dngn sinyal logika TTL. Skema rangkaian solid state relay terdiri dari 2 type, yakni solid state relay DC & solid state relay AC. Pada gambar skema rangkaian di bawah adalah skema rangkaian dari skema rangkaian solid state relay yg dipakai untuk jaringan AC 220V dngn daya maksimum 500 watt.

Skema rangkaian solid state relay tersebut di bangun memakai TRIAC BT136 sbg saklar beban & optocopler MOC3021 sbg isolator. Solid state relay pada gambar skema rangkaian di bawah bisa dipakai untuk mengatur beban AC dngn konsumsi daya maksimal 500 watt. Daya maksimum skema rangkaian solid state relay tersebut ditetapkan oleh kemampuan menglirkan arus oleh TRIAC Q1 BT136. Untuk membuat skema rangkaian solid state relay bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Solid State Relay 220VAC 500W

Skema rangkaian solid state relay yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dipakai untuk mengatur beban dngn tegangan/voltage kerja AC dari 24 volt sampai 220 volt. Skema rangkaian solid state relay tersebut dikendalikan dngn sinyal logika tinggi TTL 2 – 5 volt DC yg diberikan ke jalur input solid state relay. Untuk menambah daya maupun kekuatan arus solid state relay tersebut bisa dilakukan dngn ganti TRIAC Q1 BT136 dngn TRIAC yg mempunyai kemampuan arus yg semakin besar. TRIAC Q1 BT136 di skema rangkaian solid state relay yang ditunjukan pada gambar di atas mesti dilengkapi dngn pendingin (heatsink) untuk meredam panas yg dihasilkan TRIAC di waktu mengalirkan arus ke beban.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih