Cara Membuat Skema rangkaian Sound Card Melalui Port USB

By | January 27, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Sound Card Melalui Port USB – Sound card yaitu modul yg berperan untuk memperoleh sinyal audio yang berasal dari data digital yang berasal dari satu kompoter. Sound card pada gambar di bawah dipakai untuk memperoleh sinyal audio yang berasal dari pc lewat port USB. Skema rangkaian sound card lewat port USB tersebut di buat menggunkan komponenen utama IC PCM2702. IC PCM 2702 adalah IC yg didesain khusus sbg Digital To Analog Converter (DAC) yg dilengkapi dngn antarmuka (interface) untuk port USB.

Dngn IC khusus DAC dngn interace USB IC PCM2702 tersebut maka skema rangkaian sound card tersebut bisa di buat dngn sedikit komponen pembantu. Output skema rangkaian sound card lewat port USB tersebut mempunyai output stereo kanal R & kanal L yg bisa langsung dihubungkan ke head phone maupun ke suatu amplifier. IC PCM2702 pada sound card port USB tersebut membutuhkan 2 sumber tegangan/voltage yait +3, 3 volt DC & +5 volt DC. Untuk memperoleh sumber tegangan/voltage DC + 3, 3 volt tersebut diigunakan IC regulator tegangan/voltage fix 3, 3 volt IC LDO TPS7633Q. Untuk membuat “rangkaian sound card port USB” tersebut bisa disimak di skema rangkaian sound card dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Sound Card Melalui Port USB

Untuk merakit skema rangkaian sound card yang ditunjukan pada gambar di atas sudah disiapkan design PCB untuk membuat skema rangkaian sound card port USB. Dibawah ini yaitu design layout PCB & posisi tata letak komponen sound card USB.

Layout PCB Skema rangkaian Sound Card Melalui Port USB

Tata Letak Komponen Skema rangkaian Sound Card Melalui Port USB

Perakitan komponen sound card port USB tersebut dirakit di 2 permukaan PCB, komponen dngn type SMD dirakit secara langsung di sisi layout PCB Skema rangkaian Sound Card Melalui Port USB. Lalu komponen yg besar didesain untuk dipasang di sisi atas PCB itu. Di design PCB yang ditunjukan pada gambar di atas skema rangkaian sound card port USB tersebut bisa disupply dngn sumber tegangan/voltage yang berasal dari port USB pc ataupun power supply +5 volt yang berasal dari luar.

Untuk sumber tegangan/voltage di ambil yang berasal dari port USB maka jumper dipasang di posisi W1 & untuk sumber tegangan/voltage diberikan dari power supply eksternal maka jumper diposisikan di posisi W2. Di PCB skema rangkaian sound card USB yang ditunjukan pada gambar di atas ada 3 buah terminal output USB port yg berperan sbg terminal intput data yang berasal dari pc, Power source yg berperan sbg terminal input sumber tegangan/voltage DC + 5 volt jika memakai power supply ekternal & Audio Output yg berperan sbg terminal output sinyal audio yg bisa diberikan ke head phone ataupun amplifier.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih