Cara Membuat Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor

By | March 30, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor – Skema rangkaian speaker protektor 3 transistor tersebut berperan membuat perlindungan speaker dari kebocoran arus DC di power amplifier & untuk berikan tundaan (delay) di saat power amplifier dihidupkan. Load Speaker yg dihubungkan dngn power amplifier daya besar mesti dilindungi dari lonjakan arus maupun tegangan/voltage yg terjadi & kebocoran arus DC di output power amplifier.

Lonjakan arus maupun tegangan/voltage & kebocoran arus DC tersebut bisa mengakibatkan kerusakan (terbakar) coil speaker maupun kumparan load speaker. Skema rangkaian speaker protektor 3 transistor tersebut benar-benar sederhana, gampang di buat & bisa dipakai membuat perlindungan speaker dari lonjakan tegangan/voltage & kebocoran arus DC di output power amplifier. Skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian speaker protektor bisa disimak di gambar berikut.

Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor

Skema rangkaian speaker protektor stereo yang ditunjukan pada gambar di atas benar-benar sederhana, terdiri dari 3 transistor yg berperan sbg detektor arus DC & skema rangkaian penunda (delay). Bagian-bagian dari skema rangkaian speaker protektor yang ditunjukan pada gambar di atas bisa diterangkan sbg dibawah ini.

Sisi detektor arus DC, sisi tersebut berperan untuk mendeteksi terdapatnya kebocoran arus DC di output power amplifier. Sisi tersebut di bangun dngn 2 buah transistor dengan tipe BC547 yg masing-masing berfungsi untuk mendeteksi kebocoran arus DC di chanel L & chanel R output power amplifier.

Sisi penunda (delay), sisi tersebut berperan untuk berikan penundaan (delay) terhubungnya load speaker ke power amplifier di waktu power amplifier dihidupkan. Skema rangkaian penunda (delay) tersebut yaitu skema rangkaian RC yg mengaktifkan transistor dengan tipe TIP121 yg berperan sbg driver relay.

Sisi kontaktor speaker, sisi tersebut berperan menghubungkan speaker & power amplifier. Load speaker dihubungkan ke power amplifier memakai relay 12 volt yg dioperasikan oleh transistor dengan tipe TIP121 dngn kontrol yang berasal dari skema rangkaian penunda & skema rangkaian detektor arus DC. Untuk merakit maupun membuat skema rangkaian speaker protektor bisa dipakai PCB rangkian speaker protektor stereo sbg berikut.

PCB & Tata Letak Komponen Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor

Desain yang ditunjukan pada gambar di atas yaitu susunan tata letak komponen & gambar jalur PCB untuk skema rangkaian speaker protektor stereo 3 transistor diatas. Skema rangkaian speaker protektor stereo 3 transistor tersebut dioperasikan dngn supply tegangan/voltage DC 12 volt.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih