Cara Membuat Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 4 Transistor

By | February 1, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 4 Transistor – Skema rangkaian speaker protektor berperan membuat perlindungan loud speaker yang berasal dari lonjakan tegangan/voltage di terminal ouput power amplifier di waktu power amplifier dihidupkan & membuat perlindungan loud speaker dari kebocoran arus DC di terminal output power amplifier. Skema rangkaian speaker protektor saat ini di bangun memakai 4 buah transistor & bisa dipakai untuk power amplifier stereo.

Sumber tegangan/voltage untuk skema rangkaian speaker protektor tersebut yaitu tegangan/voltage DC +12 Volt. Skema rangkaian speaker protektor dngn 4 transistor tersebut cukup sederhana & gampang untuk di buat. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian speaker protektor stereo 4 transistor bisa disimak di gambar skema rangkaian dibawah ini.

Skema rangkaian Speaker Protektor Stereo 4 Transistor

Skema rangkaian speaker protektor stereo yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dipakai membuat perlindungan loud speaker dari kebocoran arus DC & lonjakan tegangan/voltage di terminal output power amplifier, & bisa di jabarkan sbg berikut.

Detektor Kebocoran Arus DC

Bagian tersebut berperan untuk mendeteksi kebocoran arus DC di terminal output power amplifier. Skema rangkaian detektor kebocoran arus DC memakai skema rangkaian jembatan dioda (bridge). Jika berlangsung kebocoran arus DC di terminal output power amplifier maka skema rangkaian jembatan dioda tersebut bakal berikan bias basis di transistor dengan tipe C458 hingga transistor tersebut bakal jenuh & konduk, hingga muatan kapasitor/kondensator elektrolit (elco) 220uF/25V bakal dikosongkan & bias basis transistor darlington turun saat itu juga & relay OFF hingga terminal output power amplifier & loud speaker terputus & loud speaker aman dari kebocoran arus DC.

Protektor Lonjakan Tegangan/voltage Dngn Tunda Saat (Delay) Koneksi

Skema rangkaian penunda tersebut di bangun memakai konsep pengisian kapasitor/kondensator elektrolit (elco) 220uF/25V oleh pembagi tegangan/voltage resistor/hambatan dengan ukuran 180KOhm & 47KOhm. Saat sebelum muatan kapasitor/kondensator tersebut terpenuhi maka bias basis transistor dengan tipe darlington tetap rendah, lalu di waktu muatan kapasitor/kondensator tersebut penuh maka transistor memperoleh bias basis hingga transistor dengan tipe darlington itu jenuh & mengaktifkan relay (relay ON) hingga terminal output power amplifier & loud speaker terhubung.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih