Cara Membuat Skema rangkaian Tester Motor Servo

By | December 18, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Tester Motor Servo – Skema rangkaian tester motor servo pada gambar skema rangkaian dibawah ini berperan untuk mengetahui keadaan motor servo. Pada umumnya motor servo dibilang dlm keadaan bagus jika motor servo bisa bergerak dlm 2 arah sesuai dngn spesifikasi motor servo itu. Skema rangkaian tester motor servo tersebut di buat memakai IC NE555, pada dasarnya skema rangkaian tester motor servo tersebut yaitu skema rangkaian astabil multivibrator yg mempunyai pulsa output 50 Hz dngn duty cycle bisa diambil dlm dua (2) pilihan.

Ke-2 pilihan itu yaitu untuk mengetest gerakan motor servo searah jarum jam maupun berkebalikan arah jarum jam. Di skema rangkaian tester motor servo tersebut pilihan itu dinaikan dngn tombol forward & tombol reverse. Skema rangkaian tester motor servo tersebut bekerja dngn bagus di sumber tegangan/voltage + 6 volt DC. Skema rangkaian motor servo & komponen untuk membuat skema rangkaian tester tersebut bisa di lihat langsung pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Tester Motor Servo

Pada dasarnya tester motor servo tersebut yaitu astabil multivibrator yg berikan pulsa output dngn frekuensi 50Hz dngn periode 20 ms & duty cycle bisa diatur dlm 2 pilihan lebar pulsa positif pada 0, 9 ms & 2, 1 ms lewat tombol forward & tombol reverse. variasi lebar pulsa positif 0, 9 ms & 2, 1 ms itu dipakai lantaran motor servo bakal bergerak searah jarum jam pada waktu lebar pulsa positifnya lebih dari 1, 5 ms & bakal bergerak berlawanan arah jarum jam apabila lebar pulsa kurang dari 1, 5 ms.

Tester motor servo tersebut bisa mengetahui keadaan motor servo dngn langkah mengetest putaran motor servo dlm 2 mode yakni bergerak searah jarum jam & bergerak berkebalikan arah jarum jam. Tombol forward dipakai untuk test motor servo bergerak searah jarum jam & tombol reverse untuk test motor servo bergerak berlawanan arah jarum jam. Jika motor servo bisa berputar dlm 2 arah sesuai tombol yg ditekan & pas spesifikasi motor servo maka motor servo itu dibilang dlm keadaan bagus, jika satu diantara mode test maupun seluruhnya mode test itu tdk bisa dioperasikan di motor servo itu maka motor servo itu dlm keadaan rusak.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih