Cara Membuat Skema rangkaian Tester Transistor

By | January 29, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Tester Transistor – Skema rangkaian transistor tester tersebut adalah skema rangkaian tester transistor yg cukup sederhana. Skema rangkaian tester transistor pada gambar di bawah bisa dipakai untuk mengukur & memahami kaki transistor & memastikan keadaan transistor.

Disamping itu skema rangkaian tester transistor tersebut pun bisa mengetahui type transistor yg diukur. Skema rangkaian tester transistor tersebut di bangun dngn 2 buah transistor, suatu ampere mtr. kecil & beberapa komponen pendukung. Skema rangkaian tester transistor tersebut bisa dioperasikan memakai sumber tegangan/voltage DC 9V yang berasal dari suatu baterai maupun power supply. J1 & J2 di skema rangkaian tester transistor tersebut adalah terminal untuk transistor yg bakal pada uji. Skema rangkaian tester transistor secara detail bisa disimak di gambar berikut.

Skema rangkaian Tester Transistor

Skema rangkaian tester transistor tersebut di bangun dari bagian-bagian yakni :

Kontrol bias transistor

Kontrol bias transistor tersebut berperan untuk mengatur pemberian bias basis transistor yg pada test. Untuk test transistor dengan tipe NPN bias basis dikontrol oleh Resistor 4 Q1 dan Dioda 1. Lalu untuk test transistor dengan tipe PNP bias basisnya dikontrol oleh Resistor 5 Q2 & Dioda 2. Skema rangkaian kontrol bias basis transistor tersebut pada dasarnya mengatur besarnya tegangan/voltage & arus basis ke transistor yg ditest.

Soket transistor

Soket transistor yaitu sisi untuk meletakan transistor yg bakal di test. J1 untuk transistor dengan tipe NPN & J2 untuk transistor dengan tipe PNP yan di test.

Meter Arus Transistor

Meter di skema rangkaian tester transistor yaitu suatu ampere mtr. yg berfungsi untuk menghadirkan arus kolektor Integrated circuit (ic) di transistor dengan tipe NPN & arus emitor di transistor dengan tipe PNP yg di test.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih