Cara Membuat Skema rangkaian Timer 1 Menit – 9 Menit

By | January 29, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Timer 1 Menit – 9 Menit – Skema rangkaian timer 1 menit – 9 menit adalah satu diantara type timer (pewaktu) yg bisa berikan interval pewaktuan (timing) dari 1 menit sampai 9 menit. Timer dngn rentang waktu 1 menit sampai 9 menit tersebut umumnya dipakai untuk timer di system pemanas maupun pewaktu peralatan olah raga. Skema rangkaian timer tersebut cukup sederhana & bisa di buat dlm ukuran yg kecil & mengunakan indikator berbentuk buzzer. Skema rangkaian timer tersebut bisa dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC + 3 volt yang berasal dari 2 buah baterai AA hingga bisa dibawa dngn gampang. Untuk merakit maupun membuat skema rangkaian timer 1 menit – 9 menit tersebut bisa disimak skema rangkaian & komponen yg dipakai di gambar berikut.

Gambar Skema rangkaian Timer 1 Menit – 9 Menit

Daftar Komponen Skema rangkaian Timer 1 Menit – 9 Menit

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 47K

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran 10M

Resistor 3 Memiliki tipe atau berukuran 1M

Resistor 4 Memiliki tipe atau berukuran 12K

Capasitor 1, Capasitor 3 Memiliki tipe atau berukuran 10µF 25V

Capasitor 2 Memiliki tipe atau berukuran 100nF

Dioda 1 Memiliki tipe atau berukuran 1N4148

Q1 Memiliki tipe atau berukuran BC337

IC1 Memiliki tipe atau berukuran 4093

IC2 Memiliki tipe atau berukuran 4060

IC3 Memiliki tipe atau berukuran 4017

SW1 Memiliki tipe atau berukuran 1 pole 9 ways

SW2 Memiliki tipe atau berukuran SPST

BZ1 Memiliki tipe atau berukuran Buzzer

B1 Memiliki tipe atau berukuran 3V

Skema rangkaian Timer 1 Menit – 9 Menit timer yang ditunjukan pada gambar di atas di bangun dari bagian-bagian yg bisa di jabarkan sbg dibawah ini.

Oscilator, adalah sisi yg berperan untuk menghidupkan pulsa untuk counter. Sisi oscilator & counter tersebut di bangun dngn IC CD4060 yg merupakan IC oscilator dan 14 tingkat riple counter. Output IC CD4060 tersebut berbentuk pulsa digital dngn periode 1 menit & dipakai sbg input bagaian setelah itu.

Dekade Counter, sisi tersebut berperan sbg penghitung timer dari 1 menit sampai 9 menit bergantung posisi saklar selektor SW1. Sisi tersebut di bangun dngn IC CD4017 yg merupakan dekade conter dngn output dipakai sbg pilihan nilai timer yg dipakai. Saat timing yang berasal dari skema rangkaian timer tersebut ditetapkan oleh jalinan SW1 pada terminal output IC CD4017 tersebut. Contoh SW1 di posisi ke 2 maka nilai timing yg dihasilkan yaitu 2 menit lalu untuk SW1 di posisi 9 maka nilai timingnya yaitu 9 menit. Untuk memakai timer 1 menit – 9 menit tersebut yaitu sbg berikut. Saat sebelum dinyalakan (SW2 posisi OFF) atur nilai timing yg diinginkan memakai SW1 (posisi 1 = 1 menit, posisi 2 = 2 menit dst) lalu hidupkan saklar SW1 (SW1 posisi ON).

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih