Cara Membuat Skema rangkaian Timer Dengan IC 555

By | January 15, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Timer Dengan IC 555 – Timer yaitu alat pewaktu yg kerap dipakai untuk memastikan waktu hidup maupun matinya peralatan yg dikontrol oleh timer itu. Skema rangkaian timer dngn IC 555 adalah pewaktu elektronik yg bisa dipakai untuk memastikan waktu hidup maupun matinya dan suatu piranti elektronik yg lain. Skema rangkaian timer tersebut memakai relay sbg interface pada timer dngn piranti yg dikontrol oleh timer itu.

Skema rangkaian timer dngn IC 555 tersebut bisa dioperasikan dngn tegangan/voltage DC 5 volt sampai 12 volt bergantung dari relai yg dipakai. Skema rangkaian timer memakai IC 555 tersebut benar-benar sederhana, lantaran IC 555 adalah IC yg didesain spesial untuk kepentingan timing & pembangkit pulsa. Skema rangkaian lengkap dari timer memakai IC 555 bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Timer Memakai IC 555

Skema rangkaian timer memakai IC 555 yang ditunjukan pada gambar di atas terdiri dari sisi pemberi triger, penentu waktu hidup matinya timer & sisi beban (relay) maupun inteface ke piranti yg dikontrol. Manfaat & prinsip kerja dari sisi timer memakai IC 555  yang ditunjukan pada gambar di atas yaitu sbg berikut.

Sisi pemberi triger, yaitu konfigurasi pada R100K dngn saklar S1 yg berperan untuk berikan triger ke IC 555 sbg sinyal sistem timing diawali.

Sisi penentu waktu timing, adalah konfigurasi pada VR 1MOhm & kapasitor/kondensator 10 uF yg berperan untuk memastikan waktu maupun lamanya timer bakal ON maupun OF. Di mana lamanya saat ON maupun OFF nya timer ditetapkan oleh waktu sistem pengisian kapasitor/kondensator C 10 uF yg ditetapkan oleh nilai kapasitansi kapasitor/kondensator 10 uF & nilai resistansi VR 1 MOhm itu.

Sisi beban, yaitu relay yg berperan untuk menghubungkan pada relay dngn piranti yg dikontrol. Relay tersebut pun berperan sbg isolator pada kelistrikan timer dngn kelistrikan piranti yg dikontrol Timer dngn IC 555 tersebut. Pada relay dipasang dioda yg diparalel dengan cara reverse bias, dioda tersebut berperan untuk menyerap tegangan/voltage induksi yang berasal dari induktor relay di waktu dihidupkan & dimatikan hingga tdk memengaruhi system kelistrikan skema rangkaian timer memakai IC 555 tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih