Cara Membuat Skema rangkaian Timer Dengan IC NE555

By | February 27, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Timer Dengan IC NE555 – Skema rangkaian timer dngn IC NE555 tersebut yaitu satu diantara skema rangkaian timer yg sederhana. Skema rangkaian timer dngn IC NE555 tersebut bekerja dngn tegangan/voltage sumber +12 volt DC & dapat dipakai untuk mengontrol perlatan DC ataupun AC. Hal tersebut bisa dikerjakan lantaran memakai interface berbentuk relai 12 volt.

Skema rangkaian timer umumnya dipakai untuk mengaktifkan alat pemanas maupun peralatan yg cuma menyala di waktu tertentu saja. Skema rangkaian timer memakai IC NE555 tersebut benar-benar sederhana yakni cuma dngn 7 buah komponen termasuk IC NE555 sbg komponen intinya. Skema rangkaian komplit & komponen untuk mebuat timer sederhana tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Timer Dngn IC NE555

Untuk mengaktifkan timer di skema rangkaian yang ditunjukan pada gambar di atas perdana kali S1 ditekan hingga timer mulai ON & relai ON hingga sistem menunggu selesai & pada akhirnya sistem timer usai & relai OFF. Lamanya waktu tunggu timer memakai IC NE55 tersebut tergantung oleh saat pengisian kapasitor/kondensator. Sistem pengisian kapasitor/kondensator di skema rangkaian timer tersebut ditetapkan oleh nilai resistansi VR 1 MOhm & kapasito C 10 uF.

Makin besar nilai kapasitor/kondensator yg dipakai untuk sistem pengisian maka makin lama juga waktu tunggu di skema rangkaian timer yang ditunjukan pada gambar di atas. Disamping dngn menentukan nilai kapasitor/kondensator C 10 uF itu waktu tunggu timer bisa pula diatur dngn memastikan nilai resistanvi VR 1 MOhm di mana makin tinggi nilai resistansinya maka semkin lama juga sistem pengisian kapasitor/kondensator maupun waktu tunggu timer yang ditunjukan pada gambar di atas.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih